APLIKASI VIRTUAL REALITY MUSEUM HEWAN PADA WINDOWS 7 MENGGUNAKAN UNITY

Escher Marlie
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Dewi Putrie Lestari
Pusat Studi Komputasi Matematika, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Salah satu teknologi komputer dari sisi software yang banyak digunakan adalah teknologi virtual reality. Virtual reality bisa digunakan juga pada media pendidikan dan pengetahuan. Salah satu sarana untuk mendukung proses pendidikan dan pengetahuan adalah museum. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, museum juga dapat menjadi tempat berwisata dan wahana hiburan yang tentunya sangat bermanfaat dan mendidik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibuat aplikasi virtual reality dengan objeknya adalah sebuah museum hewan. Aplikasi ini diharapkan dapat membuat pengguna merasakan bahwa dirinya sedang berada di dalam suatu museum dan dengan tampilan yang menarik dapat membuat pengguna merasa tidak bosan berada di dalam aplikasi ini. Aplikasi virtual reality museum hewan dibangun dengan menggunakan Unity4 dan bahasa pemrograman Javascript. Tahapan pembuatan aplikasi ini meliputi pembuatan objek gedung, objek jalanan, halaman splash screen, halaman menu utama, halaman mulai, papan informasi, menu pause, terrain dan cahaya, serta penempatan bangunan, karakter dan objek museum. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi virtual reality museum hewan ini telah berhasil dibuat dan dijalankan pada sistem operasi Windows 7 64bit dengan segala jenis tingkat resolusi layar monitor yang berukuran 16:9 dan jenis prosesor yang minimal memiliki dua inti atau lebih serta RAM diatas 2GB.

 

Kata Kunci : , Javascript, museum hewan, Unity4, virtual reality, Windows

Information
PDF Tweet
629 times PDF : 441 times