PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO TAWAZUN OUTDOOR DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS

Fidelia Savira Zahra, Iffatul Mardhiyah

Abstract


Penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi disebut sebagai e-commerce. Teknik sistematis yang biasa digunakan oleh marketing professional untuk menyatakan kesamaan antara produk individu atau kelompok produk pada penelitian ini adalah market basket analysis. Penelitan ini membahas tentang website e-commerce yang dirancang menggunakan DreamWeaver CS6 dan bahasa pemrograman PHP. Website E-commerce Tawazun Outdoor Online bertujuan mempermudah pengunjung untuk berbelanja di toko Tawazun Outdoor. Pemilik toko Tawazun Outdoor dapat menentukan barang restock (barang yang akan disediakan selanjutnya) dengan melakukan Market Basket Analysis agar lebih efisien. Website e-commerce Tawazun Outdoor Online terdiri dari halaman member dan halaman admin. Pembuatan website e-commerce Tawazun Outdoor Online terdiri dari proses perencanaan, analisa sistem, perancangan tampilan website, implementasi. Proses uji coba website e-commerce dilakukan dengan cara menguji setiap halaman website dengan metode pengujian white box. Website e-commerce ini dapat memudahkan pemilik toko Tawazun Outdoor dalam berjualan melalui internet dan untuk membantu menginformasikan barang yang harus disediakan pada hari berikutnya dengan halaman bestseller dengan menggunakan Market Basket Analysis.

 

Kata Kunci: E-commerce, Market Basket Analysis, Website.


Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma