VISUALISASI GRAFIK TIGA DIMENSI (3D) UNTUK INFORMASI PADA SIMULASI ALIRAN AIR BERDASARKAN PERHITUNGAN METODE SMOOTHED PARTICLE HYDRODYNAMICS (SPH)

Iza Zayynul Ahyar, Adang Suhendra

Abstract


Simulasi digunakan untuk memecahkan atau menguraikan persoalan-persoalan dalam kehidupan nyata yang penuh dengan ketidakpastian menggunakan model tertentu untuk mendapatkan solusi. Sistem informasi geografis bisa membantu perencana untuk menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam secara cepat. Bencana alam dimodelkan dengan mengetahui parameter yang mempengaruhi fenomena alam seperti  banjir, bahkan terjadi cukup merata di beberapa daerah. Salah satu metode numerik digunakan dalam bidang dinamika fluida adalah Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH). Data hasil dari simulasi yang diperoleh berupa parameter-parameter yang dapat direpresentasikan pada visualualisasi. Perangkat lunak pengolah grafik tiga dimensi (3D) yang dibutuhkan untuk membangun visualisasi adalah VGA (Video Graphics Accelerator) yang berfungsi untuk menerjemahkan data ke dalam output layar monitor. Visualisasi grafik tiga dimensi (3D) dibuat untuk informasi pada simulasi aliran air berdasarkan perhitungan mretode SPH dengan membangkitkan dari data simulasi secara real time. Hasil dari perhitungan simulasi dinamika fluida dengan curah hujan 0.0130 m/jam pada tanggal 16-07-2016, kecepatan 28487.17 m/jam dan volume setelah aliran air selama 6 jam sehingga akan menghasilkan 1940000 m3 . Jumlah volume direpresentasikan pada paertikel menjadi 50000 partikel, satu partikel akan menyimpan sebesar 38.8 m3 menghasilkan waktu tanggap sampai terjadinya banjir yaitu 3.36 jam.

 

Kata kunci: Visualisasi, Grafik Tiga Dimensi (3D), Informasi, Simulasi, Aliran Air, Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH)


Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma