IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALGORITMA A* PADA PENENTUAN JARAK TERPENDEK DARI CILACAP KE YOGYAKARTA

Ahmad Satria Rizqi Maula
Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Indonesia
Tundo Tundo
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika (STIKOM CKI)
Indonesia
Sopan Adrianto
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika (STIKOM CKI)
Indonesia
Kastum Kastum
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika (STIKOM CKI)
Indonesia
Nandang Sutisna
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika (STIKOM CKI)
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penentuan rute terpendek dari Cilacap ke Yogyakarta dengan menerapkan Algoritma A*. Metode penelitian ini melibatkan tahap pengumpulan data perjalanan untuk memahami kondisi jalan dan parameter lain yang memengaruhi perjalanan. Data tersebut kemudian digunakan untuk membentuk representasi graf, menciptakan suatu model yang merefleksikan koneksi antar lokasi dan memfasilitasi implementasi Algoritma A*. Penggunaan Algoritma A* memungkinkan penemuan jalur terpendek dengan meminimalkan biaya perjalanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi ini berhasil meningkatkan efisiensi penentuan rute dengan perbedaan waktu tempuh yang signifikan dibandingkan dengan metode tradisional. Dalam konteks perancangan keputusan, penelitian ini mengintegrasikan kemampuan pengambilan keputusan otomatis berdasarkan analisis data, memungkinkan sistem untuk merespons perubahan kondisi jalan secara dinamis. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya meningkatkan akurasi penentuan rute tetapi juga berpotensi memberikan kontribusi pada pengembangan sistem navigasi yang adaptif dan efisien.

 

Keywords
algoritma a*; cilacap; rute; yogyakarta;
References

R. D. S. Purnama et al., “IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALGORITMA GREEDY BEST FIRST SEARCH UNTUK MENENTUKAN RUTE TERPENDEK DARI CILACAP KE YOGYAKARTA,” JITET (jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 12, no. 2, 2024.

N. Padila, B. Basri, and C. R. Sari, “Sistem informasi geografis dengan algoritma a-star untuk menentukan jalur terdekat,” J. Peqguruang Conf. Ser., vol. 5, no. 1, p. 370, 2023.

H. Mukhtar, Y. Hendri, and S. Soni, “Implementasi Algoritma a Star Dalam Pencarian Rute Terpendek (Shortest Path Problem) Pada Sistem Pencarian Kantor Pos Di Kota Pekanbaru,” J. Softw. Eng. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 111–119, 2021.

W. Bismi, W. Gata, and T. Asra, “Penerapan Algoritma Hybrid Dalam Menentukan Rute Terpendek Antara Cabang Kampus,” Univ. Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 1–9, 2021.

M. A. Muktadir Gasba, “Implementasi Algoritma A* (A Star) Dalam Menentukan Jarak Terpendek Menuju Rumah Sakit Rujukan COVID-19,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 3, no. 3, pp. 203–212, 2022.

D. Marcelina and E. Yulianti, “Aplikasi Pencarian Rute Terpendek Lokasi Kuliner Khas Palembang Menggunakan Algoritma Euclidean Distance Dan a*(Star),” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, pp. 195–202, 2020.

R. Dwi Septiana, D. Abisono Punkastyo, and N. Nugroho, “Algoritma Greedy dan Algoritma A* Untuk Penentuan Cost Pada Routing Jaringan,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput. Implementasi, vol. 3, no. 2, pp. 181–187, 2022.

M. Mayadi and R. Azhar, “Perbandingan Perhitungan Manual Dengan Algoritma a Star Dalam Pencarian Jalur Terpendek Untuk Pengiriman Pesanan Dodol Khas Lombok,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 2, p. 27, 2019.

R. Idayat and I. Handayani, “Penerapan Algoritma A*Star Menggunakan Graph Untuk Menentukan Rute Terpendek Berbasis Web,” Pendidik. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 7–14, 2022.

S. Andryana, A. Andrianingsih, and N. Farhan, “Penerapan Algoritma A-star dan Brute Force pada Aplikasi Jakvel (Jakarta Travel) Berbasis Android,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 879, 2021.

M. A. Arsyad, D. Supriyadi, A. Veronica, L. N. Hidayah, and D. P. Pratiwi, “Penerapan Algoritma A Star Untuk Pencarian Rute Terpendek Puskesmas Rawat Inap Di Banyumas,” Conf. Electr. Eng. Telemat. Ind. Technol. Creat. Media 2019, pp. 74–82, 2019.

R. F. Oktanugraha and S. R. Nudin, “Implementasi Algoritma A* (A Star) dalam Penentuan Rute Terpendek yang Dapat Dilalui Non Player Character pada Game Good Thief,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 2, no. 01, pp. 74–85, 2020.

Nurzaenab, A. Y. Muniar, and A. Taqwim, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN TOKO KERAJINAN TANGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A STAR (A*),” J. Instek, vol. 8, no. April, pp. 410–421, 2023.

B. T. D. Irianto, S. Andryana, and A. Gunaryati, “Penerapan Algoritma A-Star Dalam Mencari Jalur Tercepat dan Pergerakan NonPlayer Character Pada Game Petualangan Labirin Tech-Edu,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 953, 2021.

I. H. Santi and D. Budianti, “Penerapan Algoritma Greedy Dalam Mencari Rute Terdekat Lokasi SPBU Berbasis Web,” Metta J. Penelit. Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 1, pp. 1225–1234, 2023.

Information
PDF
134 times PDF : 113 times