FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI MINIMARKET

Angela Rusdikartini Primadona, Iman Murtono Soenhadji

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari pengalaman berbelanja atas persepsi konsumen
terhadap harga, kualitas, nilai toko, dan kemauan konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini menjadikan
minimarket sebagai obyek penelitian dengan dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu Indomaret, Alfa, dan selain
Indomaret-Alfa. Subyek dari penelitian ini adalah pengunjung dari minimarket tersebut.
Pengujian dilakukan menggunakan uji validitas dan reabilitas pada tahap awalnya, untuk menguji validitas
dan reliabilitas instrument penelitian. Kemudian dilakukan uji Spearman, untuk mengetahui korelasi dari
masing-masing variabel, baik antar variabel independen maupun antara variabel independen dengan variabel
dependen. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan uji regresi yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis
yang ada. Terakhir adalah uji T untuk menguji keidentikan atau ketidak-identikan melalui uji satu sampel dan uji
sampel berpasangan.
Pada uji regresi yang telah dilakukan nampak bahwa variabel harga barang berpengaruh langsung pada
variabel kemauan berbelanja sebesar 35,6% lalu diikuti variabel kualitas barang sebesar 21,2% dan variabel
atribut toko sebesar 18,7% sedangkan variabel pengalaman berbelanja seseorang hanya berpengaruh sebesar
7,3%. Sedangkan pada uji T yang telah dilakukan menunjukkan bahwa antara pengalaman berbelanja di
Indomaret dan Alfa tidak identik (P =0,007), kualitas barang di Indomaret dan Alfa juga tidak identik (P =
0,002), harga barang di Indomaret dan Alfa tidak identik (P =0,003), dan nilai (atribut) toko antara di Indomaret
dan Alfa juga tidak identik (P = 0,000). Sedangkan untuk kemauan berbelanja di Indomaret dengan Alfa
memiliki keidentikan (P =0,026). Kemauan konsumen berbelanja di minimarket dipengaruhi secara langsung
oleh harga barang dagangan dan secara tidak langsung oleh pengalaman berbelanja, kualitas barang
dagangan, dan nilai (atribut) toko.
Kata Kunci : pengalaman berbelanja, persepsi kualitas, persepsi nilai (atribut) toko, persepsi harga, kemauan
untuk berbelanja (referensi).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.