PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN DAN FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK PADA GENERASI Z

Yulia Handayani
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nurul Hidayah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dandy Kurnia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Hotniar Siringoringo
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor persepsi kemanfaatan, kemudahaan dan faktor keamanan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik pada generasi Z.  Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling dimana sampel adalah sebagian dari Generasi Z yang berumur 17 sampai 26 tahun yang memakai uang elektronik minimal 1 kali. Analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan data dapat disimpulkan bahwa persepsi kemanfaatan tidak ada pengaruh bagi keputusan menggunakan uang elektronik, kemudahan dan keamanan ada pengaruh bagi keputusan menggunakan uang elektronik.  Sedangkan secara bersama-sama faktor persepsi kemanfaatan, kemudahan dan keamanan memengaruhi keputusan menggunakan uang elektronik.

Keywords
perception of benefit; convenience; security; decision to use; electronic money
References

Bank Indonesia (2009). Peraturan bank indonesia No. 11/12/PBI/2009 tentang uang elektronik. Jakarta. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/publikasi/peraturan/Pages/pbi_111 209.aspx.

Delone W. & McLean E. (2003). The Delone and Mclean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30. doi.org:10.1080/07421222.2003.11045748.

Firdaus, T.A. (2021). Pengaruh keamanan, kemudahan serta manfaat terhadap keputusan penggunaan uang elektronik (Undergraduate thesis). Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Fischer, D.H. (2017). How tracking of electronic money might improve financial market crisis intervention. Management 12(4), 301–316. doi.org:10.26493/1854-4231.12.301-316.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran (Jilid I, edisi ke 13). Jakarta: Erlangga.

Kusnandar, V.B. (2022). Transaksi digital kian marak, uang elektronik capai 594 juta unit pada februari 2022. Retrieved from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/19/transaksi-digital-kian-marak-uang-elektronik-capai-594-juta-unit-pada-februari-2022.

Latief, F. & Dirwan, D. (2020). Pengaruh kemudahan, promosi, dan kemanfaatan terhadap keputusan penggunaan uang digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30. doi.org:10.35326/jiam.v3i1.612.

Meiranti, R.C.A. (2021). Pengaruh manfaat, kemudahan, pengetahuan konsumen dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-money: studi pada masyarakat pengguna e-money di kota Malang (Undergraduate thesis). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/33571.

Rahmawati, A.N & Murtanto, M. (2023). Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan uang elektronik (QRIS) pada mahasiswa akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1247-1256. doi.org:10.25105/jet.v3i1.16032.

Ramadhan, A. F., Prasetyo, A. B., & Irviana, L. (2016). Persepsi mahasiswa dalam menggunakan e-money. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(2), 131-145.

Setiadi, N. (2008). Perilaku konsumen konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Situmeang, E. E. W. (2021). Pengaruh tingkat pemahaman, kemanfaatan dan keamanan terhadap keputusan penggunaan e-money (Studi kasus pada customer pemilik e-money di Mall Ramayana Department Store Kudus)(Undergraduate thesis). IAIN Kudus. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6530.

Sudaryono. (2014). Budaya dan perilaku organisasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Susanti, V.R. & Febriyantoro, M.T. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi keamanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan penggunaan e-money pada era cashless society. Fortunate Business Review, 1(2), 1-8.

Usman, R. (2017). Karakteristik uang elektronik dalam sistem pembayaran. Yuridika 32(1), 134–166. doi.org:10.20473/ydk.v32i1.4431.

Utami, R. (2016). Pengaruh kualitas sistem dan layanan, kepercayaan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan persepsi resiko terhadap sikap penggunaan E-Money (Studi kasus: mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Islam Indonesia)(Undergraduate thesis). Universitas Islam Indonesia.

Waspada, I. (2012). Percepatan adopsi sistem transaksi teknologi informasi untuk meningkatkan aksesibilitas layanan jasa perbankan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 16(1), 122-131. doi.org:10.26905/jkdp.v16i1.1052

Zahara, R., Nasution, A.W. & Asmalidar, A. (2021). Pengaruh kemudahan dan keamanan terhadap keputusan penggunaan e-money pada mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Polimedia, 24(1), 39-54.

Information
Cover Image
PDF
100 times PDF : 94 times