PENGARUH SALES PROMOTION DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSIVE BUYING

Muhammad Rizki Fauzan
Telkom University
Indonesia
Tri Widarmanti
Telkom University
Indonesia

Abstract

Penjualan online menjadi alternatif mudah, tetapi juga memicu impulsive buying. Hedonic shopping motivation serta sales promotion berperan penting dalam mempengaruhi impulsive buying tanpa mempertimbangkan utilitas jangka panjang. Adapun tujuannya yakni untuk memahami pengaruh yang ada di hedonic shopping motivation serta sales promotion, serta bagaimana sales promotion mempengaruhi hedonic shopping motivation di antara pelanggan H&M yang berbelanja secara online. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan analisis struktural equation model (SEM) dan partial least square (PLS). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden yang valid. Hasil analisis menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation memiliki pengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying. Sales promotion juga memiliki pengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying. Selanjutnya, sales promotion memiliki pengaruh signifikan positif terhadap hedonic shopping motivation. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan perusahaan untuk menjaga dan mengembangkan penjualan perusahaan untuk menarik dan memotivasi konsumen untuk membeli produk dari perusahaan.

Keywords
impulsive buying; hedonic shopping motivation; sales promotion
References

Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh promosi penjualan (sales promotion) dan belanja hedonis (hedonic shopping) terhadap impulsive buying produk Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, 3(2), 10–18.

Anin, A. F. Rasimin, BS., & Atamimi, N. (2008). Hubungan self-monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja. Jurnal Psikologi, 35(2), 181 – 193.

Daft, R. L. (2002). Manajemen edisi kelima jilid satu. Jakarta: Erlangga.

Felita, P., & Oktivera, E. (2019). Pengaruh sales promotion Shopee Indonesia terhadap impulse buying konsumen studi kasus: Impulse buying pada mahasiswa STIKS Tarakanita. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 4(2), 159–185.

Fitriyani, Y. (2008). Persepsi konsumen terhadap kegiatan promosi penjualan dalam bentuk kupon potongan harga yang dilakukan oleh Dunia Fantasi (Undergraduate thesis). FISIP, Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Ghozali, I. (2016). Desain penelitian kuantitatif & kualitatif untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya. Semarang: Yoga Pratama.

Hussein, S. A. (2015). Penelitian bisnis dan manajemen menggunakan partial least Square (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Malang: Universitas Brawijaya.

Kempa, S., Vebrian, K., & Bendjeroua, H. (2020). Sales promotion, hedonic shopping value, and impulse buying on online consumer websites. Proceeding of International Conference Social Sciences and Humanities, Surabaya, Indonesia, October 3-5, 2019, doi.org:10.1051/shsconf/20207601052.

Koch, J., Frommeyer, B., & Schewe, G. (2020). Online shopping motives during the covid-19 pandemic—Lessons from the crisis. Sustainability, 12(24), 1–20.

Walfajri, M. (2021). Pandemi membuat pangsa penjualan ritel online dunia naik menjadi 19% pada tahun lalu. Retrieved from: https://internasional.kontan.co.id/news/pandemi-membuat-pangsa-penjualan-ritel-online-dunia-naik-menjadi-19-pada-tahun-lalu

Kosyu, D. A., Kadarisman, H., & Yusri, A. (2014). Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2), 1-7.

Muruganantham, G., & Bhakat, R. S. (2013). A review of impulse buying behavior. International Journal of Marketing Studies, 5(3), 149-160. doi.org:10.5539/ijms.v5n3p149.

Nindyakirana, R. H., & Maftukhah, I. (2016). Membangun emosi positif melalui promosi penjualan dan lingkungan toko dampaknya terhadap impulse buying. Management Analysis Journal, 5(4), 378-388.

Nurhuda, M. (2019). Pengaruh hedonic shopping motivation, promotion, dan visual merchandising terhadap impulse buying (Studi pada Super Indo Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2), 4–5.

Park, E. J., Kim, E. W., & Forney, J. C. (2006). A structural model of fashion-oriented impulse buying behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 10(4), 433–446.

Pasaribu, L. O., & Dewi, C. K. (2015). Pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada toko online: Studi pada toko online Zalora. Bina Ekonomi, 19(2), 159–170.

Purnama, S. (2021). Aprindo sebut satu sampai dua toko tutup setiap hari akibat pandemi. Retrieved from: https://www.antaranews.com/berita/2282178/aprindo-sebut-satu-sampai-dua-toko-tutup-setiap-hari-akibat-pandemi.

Saputra, T. R. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonisme dengan kecenderungan impulse buying terhadap trend fashion pada remaja kota (Undergraduate thesis). Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Sarkar, A. (2011). Impact of utilitarian and hedonic shopping values on individuals perceived benefits and risk in online shopping. International Management Review, 7(1), 58-65.

Sarwono, J., & Narimawati, U. (2015). Membuat skripsi, tesis dan disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: Andi.

Statista. (2022). H&M Group - statistics & facts. Retrieved from: https://www.statista.com/statistics/964138/net-sales-of-the-h-and-m-group-worldwide/#:~:text=In%202022%2C%20net%20sales%20of,purchased%20items%20there%20in%202021.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Utami. (2010). Pemasaran ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Wahyuni, D. F., & Rachmawati, I. (2018). Hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada konsumen Tokopedia. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 11(2), 59–65.

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh sales promotion, hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2), 144-154. doi.org:10.32639/Jimmba.v2i2.457

Zurit, R.A., Ariyanti, M., & Sumrahadi. (2016). Pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada toko online (Studi pada konsumen MatahariMall.com). E-Proceeding of Management, 3(3), 2688-2695.

Information
Cover Image
PDF
256 times PDF : 220 times