PENGARUH BRAND AWARENESS, SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SECARA ONLINE DI KALANGAN REMAJA
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Merawat kulit pada kaum remaja untuk mempercantik dan menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan skincare, remaja saat ini banyak mencari informasi produk skincare dari citra merek, sosial media, dan selebriti melalui online karena lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi, meningkatnya melakukan pembelanjaan skincare melalui online menyebabkan meningkatnya permintaan oleh konsumen terhadap produk skincare. Tujuan penelitian ini ialah melakukan analisisi terhadap pengaruh dari social media marketing, brand awareness, serta celebrity endorse terhadap keputusan pembelian skincare secara online, baik itu parsial dan simultan. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah berupa non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini ialah sejumlah 250 responden penelitian. Analisis data yang digunakan asumsi klasik, uji f, uji t, serta koefisien determinasi. Pada hasil penelitian ini membuktikan bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian skincare secara online di kalangan remaja. Hasil temuan menegaskan bahwa brand awareness, social media marketing dan celebrity endorse sebagai upaya pertimbangan kaum remaja dalam mengambil keputusan pembelian.
Keywords
References
Abdullah, M, M., Oktini, D, R & Harahap, D, A . (2022). Pengaruh Social media marketing Dan Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee Di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business And Management, 2(1).
Ahyar et al., (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Aji, K. B. (2021). Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood Di Kecamatan Kebon Jeruk. Journal Of Sustainable Community Development (Jscd), 3(2).
Alamsyah, D. P., Indriana, Ratnapuri, C. I., Aryanto, R., & Othman, N. A. (2021). Digital Marketing: Implementation Of Digital Advertising Preference To Support Brand awareness. Academy Of Strategic Management Journal, 20(Special Issue 2).
Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Performa, 5(6).
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-Wom, Gaya Hidup, Country Of Origin Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. Invest : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).
Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endoser Terhadap Keputusan Pembelian Di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 8(3), 953–958.
Astuti, S. M. K., Lukitaningsih, A., & Hatmanti, L. T. (2021). Analisis Pengaruh Celebrity endorse, Beauty Vlogger, Word Of Mouth, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Emina. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1).
Budaya, I., & Ahdiani, N. (2019). Kepercayaan Dan Celebrity endorse Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Informasi Sebagai Variabel Moderating Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Sakti Alam Kerinci). Jurnal Ekonomi Sakti (Jes), 8(2).
Darmansyach, Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endoser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230–238.
Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian. In Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia.
Fahmi, N, S., Mulyaningsih, A, H., & Rohandi, M, A, M. (2022). Analisis Pengaruh Social media marketing Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Yang Dimoderasi Oleh Website Quality. Bandung Conference Series: Business And Management, 2(1).
Fenetta, A., & Keni, K. (2020). Pengaruh Brand awareness Dan Perceived Quality Terhadap Purchase Intention: Brand Loyalty Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(6).
Handida, Deylla, R and Sholeh, M. (2018). “Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim.” Jurnal Economia 14(10): 84–90.
Haryono, S. (2020). Statistika Penelitian Manajemen. Pelayanan Kesehatan, 2015, 3–13.
Herdina, N., Hurriyati, R., & Widjadjanta, B. (2019). Pengaruh Social media marketing Terhadap Brand Equity (Survei Terhadap Anggota Fanpage Facebook Elevania). Journal Of Business Management Education (Jbme), 4(3).
Isfahami, M. M., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Pengaruh Brand Trust dan Celebrity endorse terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(2), 177–186. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i2.2571
Janie, A. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan S P S S. In Semarang University Press (Issue April 2012).
Jecky, J., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 5(2).
Junia, Y. I. (2021). Pengaruh Brand awareness, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Pocari Sweat Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(4).
Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endoser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).
Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh Brand awareness Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat Dan Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2).
Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022). Pengaruh Instagram Dan Ewom Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. Bip’s Jurnal Bisnis Perspektif, 14(1).
Kristiawan, T. A., & Keni, K. (2020). Pengaruh Packaging, Social media marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Busana Brand Lokal [The Effect Of Packaging, Social media marketing And Electronic Word Of Mouth On Purchase Decisions On Local Brand Fashion]. Derema (Development Research Of Management): Jurnal Manajemen, 15(2).
Kotler dan Amstrong, G (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social media marketing, Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1)
Nabila, A. S., & Ma’arif, N. N. (2021). Pengaruh Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Fashion Merchѐ Di Kalangan Followers Instagram Merche.Id. Syntax Idea, 3(9).
Nurmalasari, L. (2021). Pengaruh Social media marketing Dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Umkm Bidang Kuliner). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–300.
P, Kotler dan K, L, Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Pratiwi, N. K. A., & Ekawati, N. W. (2020). Brand Image Memediasi Hubungan E-commerce Dengan Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen UniversitasUdayana,9(6).
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1).
Rahmawati, D ,H & Maimun, S. (2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Istimewa Yogjakarta,(Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakart, 2019), hal. 59
Rahmani, R. G., & Bursan, R. (2022).
Pengaruh Celebrity endorsement, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10, 51–60.
Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).
Sahir, S. Hafni. (2021). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. Ir. Try Koryati (Ed.)). Kbm Indonesia. Www.Penerbitbukumurah.Com
Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1).
Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand awareness Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2).
Sarah, K. S., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Social media marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Clothing Linkswear. Jurnal Manajemen, 12(3).
Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand awareness , Purchase. Manajemen Pemasaran, 12(1).
Sijoatmodjo, F. A. (2021). Pengaruh Celebrity endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Merek “Keekho. Performa, 5(6).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif Dan R&D). Alfabeta.
Suryono. (2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. In Deepusblish Publisher.
Susilawati, A. D., Hanfan., A & Anugrah., F. H (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, Word Of Mouth Dan Testimony In Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Sulthanah Di Kota Tegal. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(1).
Upadana, M. Wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand awareness Memediasi Pengaruh Social media marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5) .
Zanjabila, Ridwan, and Hidayat, R. (2017). ‘Analisis Pengaruh Social media marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi Pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017 ) Analysis of Social media marketing on Purchasing Decisions of Bandung Techno Park ( Study on Bandung Techno Park Cu’, EProceedings of Applied Science, 3.2 (2017), 368–75.