UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN)

Diana Sari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Syafirasari Rizki Hanafi
Universitas Gunadarma
Indonesia
Rina Nofiyanti
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Nilai perusahaan merupakan indikator penting dalam persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan suatu perusahaan, dan memberikan kepercayaan investor untuk menanamkan modal pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan subsektor makanan dan minuman periode 2016-2020. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi  dalam  penelitian yaitu perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020,  sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan. Penelitian menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan analisisi regresi moderasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan, variabel profitabilitas, dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, namun ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan.

Keywords
leverage; nilai perusahaan; profitabilitas; ukuran perusahaan
References

Dewantari,N.L.S, Cipta, W & Susila, G.P.A.J. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverages di BEI. Jurnal Manajemen. Vol. 5 No. 2, Oktober 2019.

Dewi, D. A. I. Y. M., & Sudiartha, G. M. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Aset terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. (Disertasi). Universitas Udayana., Denpasar.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Imam, S. M. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi, Mamduh M, & Halim, Abdul. (2012). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition.

Indrawaty, I. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2013-2016). (Disertasi). STIESIA, Surabaya

Indriani, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba: Good Governance dan Kebijakan Perusahaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.Jakarta. Grasindo.

Jogiyanto, H. (2010). Teori Portofollio dan Analisis Investasi, Edisi ketujuh. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keduabelas. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2020). Rencana Induk Pembangunan Nasional.

Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan: Teori dan Aplikasi.

Nurminda, A., Isynurwardhana, D., & Nurbaiti, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). eProceedings of Management, 4(1).

Putra, R. D., & Gantino, R. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), 81-96.

Rahmawati, D. V., Darmawan, A., Setyarini, F., & Bagis, F. (2021). Profitability, Capital Structure And Dividend Policy Effect On Firm Value Using Company Size As A Moderating Variable (In The Consumer Goods Industry Sector Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange (Idx) During 2015-2019 Periods). International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (Ijebar), 5(1).

Sukarya, I Putu; Baskara, I Gde Kajeng. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages. E-Jurnal Manajemen, [S.L.], ISSN 2302-891.

Sutama, D., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 10(1), 21-39.

Utama, Y. A. P., & Fidiana, F. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(3).

Widiastari, P. A., & Yasa, G. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 23(2), 957-981.

Wilson. (2020). “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan”. Prosiding Seminar Nasional Pakar ke 3 Tahun 2020.

Information
Cover Image
PDF
712 times PDF : 1100 times