ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGAJUAN KUR SUPER MIKRO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Widya Anjani
Universitas Negeri Malang
Indonesia
Vidya Purnamasari
Universitas Negeri Malang
Indonesia

Abstract

Lembaga keuangan dan perbankan memiliki peran fundamental dalam menjembatani kebutuhan modal masyarakat. Terutama saat kondisi pandemi Covid-19, pemerintah senantiasa berupaya dalam meningkatkan pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan akses pembiayaan UMKM. Dalam hal ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat dijadikan sebagai alternatif pendanaan bagi sektor usaha mikro dan kecil karena tingkat bunga yang rendah dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Salah satu program kebijakan KUR yang berperan penting terhadap keberlangsungan UMKM di Indonesia pada masa pandemi adalah KUR Super Mikro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendorong pada minat nasabah berupa analisis pengaruh fasilitas kredit, persepsi kemudahan pinjaman dan pengetahuan produk oleh nasabah terhadap pengajuan KUR Super Mikro. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif dengan pengambilan data berupa penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert kepada 70 responden. Pengujian data dalam penelitian menggunakan uji regresi linier berganda melalui metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas kredit, persepsi kemudahan pinjaman dan pengetahuan produk oleh nasabah berpengaruh secara positif dan signifikan dalam minat pengajuan KUR Super Mikro.

Keywords
KUR Super Mikro; Fasilitas Kredit; Persepsi Kemudahan Pinjaman; Pengetahuan Produk Oleh Nasabah; Minat Pengajuan
References

Adi, F., Sumarwan, U., & Fahmi, I. (2018). Pengaruh faktor sikap, norma subjektif, demografi, sosioekonomi serta literasi keuangan syariah dan konvensional terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Al-Muzara’ah, 5(1), 1–20.

Adikta, I. K., & Sutrisno, S. (2020). Pengaruh tingkat literasi perkumpulan peternak ayam petelur Ponorogo (PPAP) terhadap minat melakukan pembiayaan di Bank Syariah. Prosiding UMY Graduate conference (Grace), 1(1), 765-779.

Alissa, K. P., Aziz, S., & Savitri, S. (2018). The impact of JD.ID’s television advertising exposure “Kena Tipu Shampo Palsu” towards purchase intention among President University students (Undergraduate’s theses). Communication Major, Faculty of Humanities, President University.

Amiyani, I., & Yani, M. (2020). Pengaruh komunikasi pemasaran dan fasilitas kredit terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Sampit. Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan), 5(1).

Anwar, R. N., & Afifah, A. (2018). Kepercayaan dan keamanan konsumen terhadap minat beli di situs online (Studi kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 9(1), 46-57.

Avilia, W. (2020). Pengaruh pengetahuan produk, reputasi, dan suku bunga terhadap keputusan pengambilan kredit pada nasabah KSU “Abdi Jaya Sentosa”. (Undergraduate thesis). Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Darman. (2019). Financial technology (Fintech): Karakteristik dan kualitas pinjaman pada peer to peer lending di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 18(2), 130-137.

Driga, I. & Dura, C. (2014). The financial sector and the role of banks in economic development. 6th International Multidisciplinary Symposium Universitaria SIMPRO. Retrieved from: https://www.upet.ro/simpro/2014/proceedings/09%20-%20ECONOMICS%20AND%20PUBLIC%20ADMINISTRATION/9.2.pdf

Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu perilaku konsumen. Malang: UB Press.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hankinson, A. (2000). The key factors in the profiles of small firm owner managers that influence business performance. The South Coast small firms survey, 1997-2000. Industrial and Commercial Training, 32(3), 94-98.

Harlanda, M. P. A., & Suamperi, S. (2021). Pelaksanaan perjanjian kredit produktif antara nasabah dengan Bank Nagari Cabang Utama Padang. Kumpulan Executive Summary Wisudawan ke 75, 12(1), Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta.

Khaeruddin, G. N., Nawawi, K., & Devi, A. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM di masa pandemi Covid-19 (Studi kasus pedagang kaki lima di Desa Bantar Jaya Bogor). Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(4), 86-101.

Kumalasari, A. N. (2019). Penyelesaian kredit bermasalah pada PT. Bank Pengkreditan Rakyat Daerah Lamongan tahun 2017. Jurnal Manajerial, 6(01), 1-8.

Kurniasari, F., & Endarto, E. A. P. (2018). Pengaruh teknologi digital terhadap keputusan pelanggan dalam memilih TekFin pinjaman di Indonesia. Kompetensi: Jurnal Manajemen Bisnis,13(2), 167-183.

Kusuma, A. A. S., Rohmah, W., Fathoni, A., Muhibbin, A., & Hidayati, Y. M. (2021). Manajemen program Kredit Usaha Rakyat Super Mikro masa pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(3), 296-308.

Marlius, D. (2021). Keputusan nasabah KUR dilihat dari suku bunga dan kualitas pelayanan pada Bank Mandiri Cabang Imam Bonjol Kota Padang. Jurnal Pundi, 4(3), 319-330.

Marranitha, I. D. A. R. P., & Suardana, I. B. R. (2020). Pengaruh kepercayaan, selisih bunga kredit dengan bank konvensional, dan kemudahan proses kredit terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan layanan Fintech berbasis pinjaman online: Studi kasus di PTN dan PTS Provinsi Bali. TIERS Information Technology Journal, 1(2), 44-50.

Mautia, P. L. R. (2019). Pengaruh pengetahuan konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sulselbar Syariah Cabang Makassar (Undergraduate’s thesis). Institute Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.

Megawaty. (2015). Analisis pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariah dan pengaruhnya terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Cabang Makassar. Jurnal Minds: Manajemen, Ide dan Inspirasi, 2(2), 103-119.

Mochtar, H. (2019). Pengaruh pemberian kredit usaha rakyat (KUR) terhadap pendapatan usaha mikro pada pt. Bank sulselbar kantor pusat makassar. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 2(2), 58-72.

Muhammad. (2011). Manajemen bank syariah. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Organisation for Economic Cooperation and Development. (2020). Covid-19: SME policy responses. Retrieved from: https://oecd.dam-broadcast.com/pm_7379_119_119680- di6h3qgi4x.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). KUR super mikro, pahlawan bagi pekerja terkena PHK dan ibu rumah tangga produktif. Retrieved from: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/30680

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasiona: Edisi Khusus, 59-64. doi.org:10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.

Pristiyono, P. (2015). Pengaruh proses pemberian kredit terhadap minat nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kantor cabang Komplek Tasbi Medan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 2(2), 84-92.

Purba, T. S. (2021). Strategi bisnis PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Jambi dalam penyaluran kredit di masa pandemi (Diploma Vocation thesis). Program Diploma Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Jambi.

Putri, P. I., & Probosiwi, E. (2018). Akses kredit usaha rakyat UMKM anggota klaster olahan pangan Kota Semarang. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 3(1), 39-47.

Rastari, A. (2019). Pengaruh religiusitas, bagi hasil dan kemudahan akses terhadap keputusan masyarakat mengambil pembiayaan di Koperasi Syariah MSI. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 1, 819-833.

Regar, R., Areros, W. A., & Rogahang, J. J. (2016). Analisis pemberian kredit mikro terhadap peningkatan nasabah studi pada PT. Bank Sulutgo Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 4(4), 1-12.

Rendy, F. (2018). Pengaruh personal selling dan kemudahan persyaratan terhadap kepuasan konsumen mengajukan kredit di koperasi Primkopabri Magetan (Undergraduate thesis). Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136-147.

Sam, A. (2012). Pengertian fasilitas belajar. Jakarta: Jurnal Ciputat Press.

Saputri, D. (2017). Pengaruh kemudahan daya guna, kenyamanan, kepercayaan terhadap minat nasabah pengguna mobile banking pada PT Bank BRI Syariah kantor cabang Tanjung Karang (Undergraduate thesis). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Intan Lampung.

Setiawan, E. H. (2017). Pengaruh keamanan, kemudahan, kepercayaan dan risiko kinerja terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus Tokopedia. com di Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmu Manajemen: Advantage, 1(1), 64-75. doi.org:10.30741/adv.v1i1.21

Suhir, M., Suyadi, I. & Riyadi. (2014). Pengaruh persepsi risiko, kemudahan dan manfaat terhadap keputusan pembelian secara online (Survei terhadap pengguna situs website www.kaskus.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 1-10.

Suriadi, G., Tripalupi, L.E., & Sujana, I. N. (2019). Efektivitas program bantuan Pemerintah pada kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR) hasil perikanan di DESA BONDALEM. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 595-604.

Rahmaniyah, Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2018). Pengaruh aksesibilitas kredit, penyusunan dan penyajian laporan keuangan dan minat menggunakan e-commerce terhadap kinerja UMKM (Studi pada UMKM Kecamatan Buleleng). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, produk, dan religiusitas terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk simpanan pada lembaga keuangan mikro syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136-147.

Suprapto, E., Mimin, M.M., & Fathoni, A. (2015). Pengaruh fasilitas kredit, suku bunga, jangka waktu dan jumlah kredit terhadap keputusan menggunakan kredit pd BPR BKK Kota Semarang Cabang Mijen. Journal of Management, 1(1), 1-14.

Tanjung, A. M. (2017). Koperasi dan UMKM sebagai fondasi perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2014). Strategi pemasaran, (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.

Widowati, A. S., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh pengetahuan produk tabungan, reputasi bank, dan persepsi nasabah mengenai suku bunga simpanan terhadap keputusan menabung nasabah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(2), 141-156.

Wuryandani, D., & Meilani, H. (2013). Peranan kebijakan Pemerintah Daerah dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 4(1), 103-115.

Information
Cover Image
PDF
767 times PDF : 1127 times