PENGARUH DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER, KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER, KREATIVITAS IKLAN DAN KEMENARIKAN PESAN IKLAN TERHADAP NIAT BELI PENGGUNA E-COMMERCE
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel daya tarik celebrity endorser, kredibilitas celebrity endorser, kreativitas iklan dan kemenarikan pesan iklan terhadap niat beli pengguna e-commerce. Kehadiran e-commerce memberi perubahan budaya masyarakat khususnya dalam aspek pemasaran. e- commerce memudahkan transaksi jual beli ataupun mengkonsumsi barang tanpa batasan ruang dan waktu. Selain kelebihan tersebut e-commerce memiliki kelemahan yaitu sulitnya dalam membangun kepercayaan, sehingga hal inilah yang membuat masyarakat masih ada yang ragu jika bertransaksi menggunakan e-commerce, sehingga saat ini banyak perusahaan e-commerce yang berinovasi dalam promosi melalui periklanan dengan menggunakan celebrity endorser tanah air hingga mancanegara .Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner melalui google form kepada 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non-probability sampling dengan metode purposive. Pada tahap analisis dilakukan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji hipotesis, uji korelasi dan determinasi. Hasil penelitian menjukan terdapat pengaruh secara simultan antara variabel independen terhadap variabel dependen dan secara parsial terdapat pengaruh antara kredibilitas celebrity endorser, kreativitas iklan dan kemenarikan pesan iklan terhadap niat beli pengguna e-commerce, sedangkan variabel daya tarik celebrity endorser tidak memiliki pengaruh terhadap niat beli pengguna e-commerce. Hasil uji yang paling dominan berpengaruh terhadap niat beli pengguna e-commerce adalah variabel kreativitas iklan.
Keywords
References
Abbas, A., Afshan, G., & Khan, S. B. (2018). The Effect of Celebrity Endorsement on Customer Purchase Intention: A Comparative Study Predictors and Consequences of Human Resource Outsourcing View project Internal Marketing View project. Current Economics and Management Research. 4(1), 1–10. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/322987493
Adinugraha, H. H., Novitasari., & Ulama’i, A.H.A. (2018). The role of celebrity endorser on purchasing intention of halal cosmetic. Proceeding of Community Development. 2(2018), 44-54.
Adisti, P., & Mudiantono. (2017). Pengaruh kualitas pesan iklan, kualitas produk, kesadaran merek terhadap minat beli serta citra merek dan sikap terhadap merek sebagai variabel intervening (Studi pada produk bedak wajah Viva Cosmetics di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 738-750.
Agustianti. (2021). Bos Tokopedia ungkap keuntungan BTS & Blackpink jadi brand ambassador. Retrieved from: https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/6145c93973df1/bos-tokopedia-ungkap-keuntungan-bts-blackpink-jadi-brand-ambassador
Albert, N., Ambroise, L., & Valette-Florence, P. (2017). Consumer, brand, celebrity: which congruency produces effective celebrity endorsements?. Journal of Business Research, 81(2017), 96–106.
AlFarraj, O., Alalwan, A. A., Obeidat, Z. M., Baabdullah, A., Aldmour, R., & Al-Haddad, S. (2020). Examining the impact of influencers’ credibility dimensions: attractiveness, trustworthiness and expertise on the purchase intention in the aesthetic dermatology industry. Review of International Business Strategy, 31(3), 355-374. doi.org:10.1108/RIBS-07-2020-0089.
Anggi, V.F., & Soesanto, H. (2016). Analisis pengaruh daya tarik iklan dan selebriti endorser pada promo ada Aqua terhadap minat beli amdk merek Aqua dengan citra merek sebagai variabel intervening (Studi kasus pada mahasiswa S1 di Jawa Tengah dan DIY). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1-14.
Anugrah, T. (2021). Persaingan rband Ambassador e-Commerce di Indonesia yang Membuat Penggemar Dilema. Retrieved from: Persaingan Brand Ambassador e-Commerce di Indonesia yang Membuat Penggemar Dilema (hipwee.com).
Apejoye, A. (2013). Influence of celebrity endorsement of advertisement on students’ purchase intention. Journal of Mass Communication and Journalism, 3(3), 1-7.
Choerunisa, A. H., & Indrawati, K. R. (2021). Peran kepercayaan, keahlian, dan daya tarik celebrity endorser terhadap minat beli pengguna instagram di masa pandemi covid-19. Journal of Psychology and Humanities, 1(2), 23-36.
Dwivedi, A., Nayeem, T., & Murshed, F. (2018). Brand experience and consumers’ willingness-to-pay (WTP) a price premium: mediating role of brand credibility and perceived uniqueness. Journal of Retailing and Consumer Services, 44(2018), 100-107.
Falah, T. A., Abidin. Z., & Hudayah, S. (2020). Pengaruh kreativitas iklan dan negara asal terhadap niat beli dan keputusan pembelian mobil. Bulletin of Management and Business, 1(2), 11-23.
Furinto, R. A. (2009). Marketting reloaded komplikasi konsep dan praktik pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Fitryani, & Nanda, A. S. (2021). Peran impulsive buying saat live streaming pada masa covid-19 dalam mendorong minat belanja masyarakat sidoarjo. Prosiding 1st SEMNASTEKMU 2021 Semarang, 1(1).
Ha, N. M., & Lam. N.H. (2017). The effects of celebrity endorsement on customer’s attitude toward brand and purchase intention. International Journal of Economics and Finance, 9(1), 64-77.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R.E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed). USA: Pearson Prentice Hall.
Handoko, R.S. (2006). Analisis pengaruh kredibilitas endorser dan kreatifitas iklan terhadap efektivitas iklan yang mempengaruhi sikap terhadap merek (Studi sasus iklan televisi pada konsumen sepeda motor Honda di Kota Semarang) (Master’ thesis). Program Pascasarjana, Program Studi Magister Manajemen, Universitas Diponegoro.
Khan, B.M. & Khan, S. (2014). The effect of Indian celebrity credibility dimensions on purchase intention of Indian consumers. JBIMS Spectrum, 11(1), 128-135.
Khotimah, K., & Febriansyah. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen & kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19-26.
Krisdayanti, H., & Arini, E. (2022). Pengaruh daya tarik, citra merek, keahlian dan selebriti endorser terhadap minat beli. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 3(1), 67-75. doi.org:10.36085/jems.v3i1.2744.
Kumar, P., & Polonsky, M. J. (2019). In-store experience quality and perceived credibility: a green retailer context. Journal of Retailing and Consumer Services, 49 (2019), 23-34.
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I.G.A.N.T., (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistic dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Pornpitakpan, C., Li, Q., & Fu, S.F.I., (2017). A gender-focused review of the effect of message source attractiveness on persuasion: implications for marketers and advertisers. Communications, 42(2), 195–237.
PR Team Tokopedia. (2021). 2021, Tokopedia Tunjuk Dua Brand Ambassador Sekaligus: BTS dan BLACKPINK. Retrieved from: 2021, Tokopedia Tunjuk Dua Brand Ambassador Sekaligus: BTS dan BLACKPINK - Tokopedia Blog
Ridwan, H., Masrul., & Juhaepa. (2018). Komunikasi digital pada perubahan budaya masyarakat e-commerce dalam pendekatan Jean Baudrillard. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 99-108.
Sallam, M. A. A., & Wahid, N. A. (2012). Endorser credibility effects on Yemeni male consumer’s attitudes towards advertising, brand attitude and purchase intention: The mediating role of attitude toward brand. International Business Research, 5(4), 55-66.
Setyawati, S.M., & Rosiana. M. (2018). Sikap konsumen sebagai mediasi pengaruh kredibilitas selebriti dan e-wom terhadap niat beli (Studi empiris pada konsumen Bandung Makuta). Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8 Purwokerto, 1-11.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toro, D. (2021). Shopee gandeng bintang internasional Jackie Chan dan Joe Taslim di iklan Shopee 9.9 terbaru, kungfu akrobatik!. Retrieved from: https://indotrends.pikiran-rakyat.com/bisnis/pr-1572447983/shopee-gandeng-bintang-internasional-jackie-chan-dan-joe-taslim-di-iklan-shopee-99-terbaru-kungfu-akrobatik?page=4
Vidyanata, D., Sunaryo, & Hadiwidjojo, S.D. (2018). The role of brand attitude and brand credibility as a mediator of the celebrity endorsement strategy to generate purchase intention. Journal of Applied Management (JAM), 16(3), 402-411.
Wang, J. S., Cheng, Y. F & Chu, Y. L. (2013). Effect of celebrity endorsements on consumer purchase intentions: Advertising effect and advertising appeal as mediators. Human Factors and Ergonomics in Manufacturing & Service Industries, 23(5), 357-367.