PENGEMBANGAN BISNIS DHIFI FURNITUR SECARA ONLINE DAN OFFLINE

Anindhita Putri Aulia
Telkom University
Indonesia
Endang Chumaidiyah
Telkom University
Indonesia
Wawan Tripiawan
Telkom University
Indonesia

Abstract

Dhifi Furnitur adalah suatu usaha yang bergerak di bidang industri furnitur yang telah berdiri selama lebih dari lima tahun dan berlokasi di Kota Tasimalaya. Dalam menjalankan usahanya Dhifi Furnitur memproduksi furnitur berupa sofa dan meja yang kemudian menjualnya dengan cara memasukan produknya ke toko furnitur lain yang ada di Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Kegiatan promosi yang dilakukan selama ini hanya melalui mulut ke mulut dan beberapa social media seperti Instagram dan whatsapp. Dikarenakan usaha ini hanya memasok produknya untuk toko furnitur lain dan hanya memiliki beberapa konsumen yang memesan produk sehingga penjualan produk Dhifi Furnitur sulit meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan bisnis Dhifi Furnitur yang dilakukan untuk membuka toko, meningkatkan penjualan, dan memperluas pasar. Selain itu perancangan website bertujuan untuk menjual produk secara online dan mempromosikan produknya ke beberapa marketplace. Analisis kelayakan pengembangan bisnis ini dilakukan berdasarkan aspek pasar, aspek teknis, dan aspek keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk analisis kelayakan didapatkan hasil nilai NPV sebesar Rp 395,887,377, nilai IRR sebesar 43.80%, dan payback period yang diperoleh selama 3.01 tahun.

References

Akbar, F., Chumaidiyah, E., & Tripiawan, W. (2020). Analisis kelayakan usaha serta perancangan website pada pendirian toko online sepatu booths Kawa. e-Proceeding of Engineering, 7(2), 1–9.

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar sistem informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Fahmi, M., Prayogi, M.A., & Jufrizen. (2018). Peran kepercayaan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas website terhadap loyalitas pelanggan online shop. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 121–130. doi:10.5281/zenodo.1477534

Harliana, E.W., Chumaidiyah, E. & Kamil, A. A.(2019). Analisis kelayakan bisnis startup cuci mobil dan motor di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mitra Manajemen, 3(8), 845-858. Retrieved from: http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Fauzi, P. M., Chumaidiyah, E., & Suryana, N. (2019). Analisis kelayakan serta perancangan aplikasi website pada Startup Digital Creative Fotografi berdasarkan aspek pasar, aspek teknis, dan aspek finansial. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5(2), 60–66. doi:10.30656/intech.v5i2.1589

Izzaty, F. R., Chumaidiyah, E., & Dellarosawati, M. (2021). Analisis kelayakan pengembangan usaha pada unit usaha keripik tempe Pondok Pesantren Arafah. e-Proceeding of Engineering, 8(2), 2084–2090.

Anshory, B. J. (2021). Pengaruh inovasi produk furniture terhadap pembelian online. Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial (JSDIS), 2(2), 130–143.

Kasmir, & Jakfar. (2015). Studi kelayakan bisnis edisi revisi. Jakarta: Prenada Media.

Kemp, S. (2020). DIGITAL 2020: INDONESIA. datareportal.com. Retrieved from: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Martin, J., & Tanaamah, A. R. (2018). Perancangan dan implementasi sistem informasi penjualan berbasis desktop website menggunakan framework bootstrap dengan metode Rapid Application Development, studi kasus toko peralatan bayi ‘Eeng Baby Shop.’ Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(1), 57–68. doi:10.25126/jtiik.201851547

Mulyana, & Winanda, D. (2020). Pengaruh investasi aset tidak berwujud pada kinerja perusahaan. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(2), 157–167. doi:10.30871/jama.v4i2.1918

Murfi, M., Chumaidiyah, E., & Tripiawan, W. (2020). Feasibility analysis and website design of Najwa Collections fashion products. Proceeding of International Seminar on Industrial Engineering and Management, 1–8.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan perancangan sistem informasi menggunakan model terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Purnomo, R. A., Riawan, & Sugianto, L. O. (2017). Studi kelayakan bisnis. Ponorogo: Universitas Muhammadyah Ponorogo Press.

Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 68. doi:10.19184/jpe.v13i2.10793

Sandy, K. (2015). Perancangan dan pemanfaatan E-Commerce untuk memperluas pasar produk furniture. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, March 2015, 17–24.

Saputra, M. R., Chumaidiyah, E., & Rendra, M. (2020). Analisis pengembangan bisnis disertai perancangan website sepatu Linda Shoes di Bandung. e-Proceeding of Engineering, 7(2), 1–9.

Suzana, L., Chumaidiyah, E., & Tripiawan, W. (2016). Analisis kelayakan pendirian cabang baru usaha Rajut Karimake di Kota Bandung. Jurnal Tugas Akhir, 1-9. Retrieved from: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/1097

Tetuko, M., Laksono, B., Chumaidiyah, E., & Rendra, M. (2019). Analisis kelayakan startup dan perancangan website pembukaan usaha kroket “ Cathrine Pastry ” di Kota Solo. e-Proceeding of Engineering, 6(2), 5993–5998.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap perilaku online shopping: perspektif pemasaran agribisnis. Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 2(1), 136–146. Retrieved from: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/3407/pdf

Utari, N., Chumaidiyah, E., & Kamil, A. A. (2019). Analisis kelayakan pengembangan bisnis Start Up My Fresh Laundry di Kota Solok secara online dan offline. e-Proceeding of Engineering, 6(2), 5968–5978.

Yenny, Chumaidiyah, E., & Tripiawan, W. (2021). Design business and website on the establishment of tour guide and tour & travel platform. MECHTA: International Journal of Mechanical Engineering Technologies and Applications, 2(1), 9–16.

Information
Cover Image
PDF
296 times PDF : 349 times