PERASAAN DAN SIKAP TERHADAP PROMOSI BERDASARKAN JENIS KELAMIN
Seto Mulyadi
Indonesia
Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur perbedaan perasaan dan sikap siswa perempuan dan laki-laki terhadap promosi. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) unggulan di lima (5) wilayah DKI Jakarta. Perasaan dan sikap bersifat subjektifitas pada individu, maka penenelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Meskipun demikian, penelitian ini tergolong sebagai percobaan semu, karena presentasi digunakan sebagai perlakuan untuk memengaruhi perasaan dan sikap partisipan. Berhasil dikumpulkan 392 partisipan. Data selanjutnya diolah menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam merasakan dan menyikapi promosi. Juga ditemukan bahwa promosi yang diberikan tidak memengaruhi perasaan dan sikap siswa perempuan dan laki-laki terhadap karir bidang TI/komputer.