PENGARUH AKTOR KOREA DALAM STRATEGI MARKETING GLOBAL INNISFREE TAHUN 2015-2019

Matahari Adihapsari Saiful Bahri
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Indonesia
Adiasri Putri Purbantina
https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6653301&view=overview
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Indonesia

Abstract

Innisfree adalah salah satu brand ternama di bidang industri kecantikan yang telah ada selama 20 tahun. Ekspansi Innisfree sebagai sebuah perusahaan multinasional (MNCs) asal Korea Selatan sangat dipengaruhi oleh meledaknya popularitas budaya Korea (Korean Wave) secara global semenjak tahun 1990-an. Kondisi inilah yang dimanfaatkan oleh Innisfree dalam memasarkan produk mereka. Tulisan ini membahas mengenai strategi marketing Innisfree dalam menggunakan figur-figur Korean Wave sebagai brand ambassador dan celebrity endorser. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengamati platform media sosial Innisfree semenjak tahun 2015 hingga 2019 guna melakukan evaluasi terhadap lima komponen utama seorang brand ambassador (i.e., transference, congruence, credibility, attractiveness, dan power) dan empat komponen utama seorang celebrity endorsers (i.e., testimonial, endorsement, actor, spokesperson). Penelitian ini mengekslporasi bagaimana sebuah strategi global marketing MNCs pada produk kecantikan berkaitan erat dengan fenomena globalisasi budaya yaitu Korean Wave. Innisfree mendapat keuntungan dari sebuah standar kencantikan baru yang dibawa oleh bintang Korean Wave.

Keywords
Brand Ambassador; Celebrity Endorser; Innisfree; MNCs; Strategi Pemasaran
References

Adrian, P. (1993). Services marketing pemasaran jasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Agustin, N. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Efektivitas Iklan Online Yoona Snsd Terhadap Brand Image Pada Produk Kecantikan Innisfree (Undergraduate's thesis). Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Bakrie. Available at http://repository.bakrie.ac.id/2758/, Universitas Bakrie Institutional Repository.

Ambroise, L., Pantin-Sohier, G., Velette-Florence, P., & Albert, N. (2014). From endorsement to celebrity co-branding: Personality ransfer. Journal of Brand Management, 21(4), 273-285.

Amorepacific. (n.d.). Retrieved 2020, from Amorepacific: https://www.apgroup.com/my/en/brands/brands.html

Amsden, A. (1989). Asia's next giant: South Korea and late industrialization. New York: Oxford University Press.

Dul, J., & Hak, T. (2008). Case study methodology in business research. Oxford: Elsevier Ltd.

Ecoinnisfree. (2017). Retrieved from Twitter: https://twitter.com/ecoinnisfree/status/925888345795788800

Fadhilla, Z. (2017). Berikut deretan boygroup kpop dengan jumlah fans terbanyak. Retrieved from Antvklik: https://www.antvklik.com/hiburan/boygroup-kpop-dengan-jumlah-fans-terbanyak

Fajriyah, E. (2019). Pengaruh country of origin, pengetahuan produk, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian secara online skincare Nature Republic (Studi pada mahasiswa Universitas Lampung pengguna instagram)(Undergraduate's thesis). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Digital Repository Universitas Lampung.

Generasia. (2020). Girls' generation. Retrieved from https://www.generasia.com/wiki/Girls%27_Generation

Gunawan, V. (2017). Kontribusi Korean Wave dalam peningkatan 3% gdp Korea Selatan. Retrieved from Student Activity Binus: https://student-activity.binus.ac.id/himhi/2017/03/kontribusi-korean-wave-dalam-peningkatan-3-gdp-korea-selatan/

Hapsari, A. P. (2008). Analisis perbandingan penggunaan celebrity endorser dan typical-person endorser iklan televisi dan hubungannya dengan brand image produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen IX(1), 1-17.

IMDb. (2020a). Boys over flowers. Retrieved from IMDb: https://www.imdb.com/title/tt1370334/

IMDb. (2020b). IMDb. Retrieved from Lee Min Ho Award List: https://www.imdb.com/name/nm3316279/awards

IMDb. (2020c). Yoona-Im award list. Retrieved from IMDb: https://www.imdb.com/name/nm4226964/awards?ref_=nm_ql_2

IMDb. (2020d). You are my destiny. Retrieved from IMDb: https://www.imdb.com/title/tt2275419/

Innisfree. (2011). Play green campaign - Eco-Handkerchief. Retrieved from Innisfree: https://www.innisfree.com/id/id/BrandPage.do?pageName=brand_eco

Innisfree. (2015). Retrieved from Innisfree: https://www.innisfree.com/id/id/BrandPage.do?pageName=brand_eco

Innisfree. (2019). Retrieved from Youtube Innsifree: https://www.youtube.com/watch?v=cJlJdUV8vkc

Innisfree. (2020). Brand History. Retrieved from Innisfree: http://www.innisfree.com/id/en/BrandPage.do?pageName=brand_history

Innisfree. (2020). Stores. Retrieved from Innisfree: http://www.innisfree.com/id/en/store/storeList.do

Innisfree. (n.d.). Brand Concept. Retrieved from https://www.innisfree.com/id/en/BrandPage.do?pageName=brand_concept

Innisfree. (2017). Retrieved from Facebook Official Innisfree: https://web.facebook.com/innisfreeindonesia/photos/a.1058355647634512/1058356057634471/

Jang, G., & Paik, W. K. (2012). Korean wave as tool for Korea's new cultural diplomacy. Advances in Applied Sociology 2(03), 196-202.

Kemenperin. (2013). BERITA INDUSTRI: Susahnya kosmetik lokal berjaya di Nusantara: Bahan baku impor 70 persen. Retrieved from Kemenperin: https://www.kemenperin.go.id/artikel/6018/Susahnya-Kosmetik-Lokal-Berjaya-di-Nusantara:-Bahan-Baku-Impor-70-Persen

Kim, E. M., & Ryoo, J. (2007). South Korean culture goes global: K-Pop and the Korean wave. Korean Social Science Journal, 34(1), 117-152.

Kim, G. (2019). From factory girls to k-pop idol girls: Cultural politics of developmentalism, patriarchy, and neoliberalism in South Korea’s popular music industry . London: The Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc.

Kordov, M., & Vojtovic, S. (2016). Transnational corporations in the global world economic environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 230(12 September 2016), 150-158.

Kusuma, A., Purbantina, A. P., Nahdiyah, V., & Khasanah, U. U. (2020). A virtual ethnography study: Fandom and social impact in digital era. ETNOSIA: Jurnal Etnografri Indonesia, 5(2), 238-251.

Lamont, C. (2015). Research methods in international relations. London: Sage Publication Ltd.

Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion marketing communications E-book. Nomerset: Wiley.

Lee, K. (2013). Schumpeterian analysis of economic catch-up: Knowledge, path-creation, and the middle-income Trap. Cambridge: Cambridge University Press.

Lestari, H., Sunarti, & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh brand ambassador dan korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei online pada konsumen Innisfree di Indonesia dan China). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 66(1), 67-78.

Lie, J. (2012). What is the K in K-pop? South Korean popular music, the culture industry, and national identity. Korea Observer, 43(12), 339-363.

Mae, J. (2019). 30 fakta aktor Lee Min Ho dan alasan dijuluki King of Hallyu. Retrieved from Harpers Bazaar Indonesia: https://harpersbazaar.co.id/articles/read/9/2019/7715/30-Fakta-Aktor-Lee-Min-Ho-Dan-Alasan-Dijuluki-King-Of-Hallyu

Dosen Program Studi Hubungan Internasional

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timu

Information
Cover Image
PDF
1570 times PDF : 2432 times