STRATEGI PENGEMBANGAN MEDIA: ANTARA BISNIS DAN IDEOLOGI

Nuriyati Samatan
Gunadarma University
Indonesia

Abstract
Penelitian tentang strategi pengembangan media: antara bisnis dan ideologi, dilakukan terhadap Media Indonesia dan Metro TV yang berada di bawah manajemen Media Group. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi, dengan tipe penelitian analitis desktriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan selain melalui studi pustaka, juga dilakukan studi lapang melalui observasi lapang, wawancara serta penelusuran data melalui situs web. Temuan dalam penelitian ini adalah: Pertama, kebijakan Media Group untuk melakukan integrasi antara Media Indonesia dan Metro TV, pada awalnya lebih pada kebutuhan internal; Kedua, model operasional Media Indonesia dan Metro TV, melahirkan model “konvergensi unik” yang belum pernah dilakukan oleh media mana-pun di dunia, yakni melakukan integrasi acara antara Media Indonesia yang analog dan Metro TV yang digital. Konvergensi dilakukan bukan hanya pada acara Metro TV dan pemberitaan di Media Indonesia, tetapi juga melakukan “pertukaran” dan “perputaran” karyawan di lingkup Media Indonesia dan Metro TV. Selain mendapatkan keuntungan ekonomi, institusi media ini juga mendidik para karyawan kedua institusi ini untuk dapat menguasai dan memiliki keterampilan ganda, menulis di media cetak dan menulis narasi televisi.Ketiga, untuk dapat survive, Media Indonesia dan Metro TV berupaya menyeimbangkan idealisme media sebagai pilar the agent of change dengan kepentingan bisnis, melalui berbagai kebijakan internal maupun tujuan pencerahan masyarakat.

Information
PDF Tweet
1901 times PDF : 1359 times