PEMANFAATAN LAMAN RESMI SEBAGAI MEDIA PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN/CSR PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA

Ati Harmoni
Gunadarma University
Indonesia

Abstract
Mengingat perkembangan penggunaan internet di kalangan masyarakat yang makin meningkat maka pemanfaatan laman sebagai media pengungkapan tanggung jawab sosial/CSR oleh perusahaan menjadi semakin menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah perusahaan telah memanfaatkan laman resminya untuk mengungkapkan program CSR yang dilakukan dan tingkat interaktivitas informasi tersebut. Dengan menggunakan alat yang didisain oleh Capriotti dan Moreno (2007) penelitian ini dilakukan terhadap laman resmi perusahaan yang masuk ke dalam Indeks Bisnis-27 yang dikeluarkan oleh PT Bursa Efek Indonesia dan harian Bisnis Indonesia sektor industri dasar dan kimia pada Februari 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laman resmi Semen Gresik dan Indocement telah mengungkapkan isu terkait CSR kecuali tentang etika perusahaan. Laman resmi Semen Gresik dan Indocement ini menempatkan isu CSR pada hirarki yang tinggi tetapi mempunyai tingkat interaktivitas yang rendah, karena hanya menggunakan sumber ekspositif yang satu arah dan tidak menyediakan sarana umpan balik yang memadai.

Information
PDF Tweet
1421 times PDF : 1118 times