ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE DI YOGYAKARTA

Ristiyanti Ristiyanti
Fakultas Ekonomi, STIE Nusa Megarkencana Yogyakarta
Indonesia
Yuri Murdo
Fakultas Ekonomi, STIE Nusa Megarkencana Yogyakarta
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan membeli pada Toko Online “Jaim” Original Shop Jalan Gejayan Soropadan XII, Depok, Sleman, Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner dengan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan membeli, sedangkan pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan membeli. Harga, promosi dan pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan membeli konsumen.

Keywords
Harga, Keputusan Membeli, Promosi, Pelayanan
References

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astari, I.Y. (2019). Pengaruh display, harga, promosi, pelayanan dan interior terhadap keputusan pembelian pada toko grosir pakaian Aziziah kota Kediri. Jurnal Ekuivalensi, 5(1), 83-97.

Bakti, U., Hairudin, & Alie, M.S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, produk dan harga terhadap minat beli pada toko online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.

Faroh, W. N. (2017). Analisis pengaruh harga, promosi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi pemasaran Online melalui jejaring sosial Facebook “Perawatan Wajah”). Jurnal Ilmiah, 4(2), 3-24.

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk sanitary ware toto di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 7(1), 441-469. doi: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i01.p17

Ghozali, (2010). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, A. (2014). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Ma’ruf, H. M. (2017). The infuence of product variations, price and sales promotions on consumer decisions in buying Mitsubishi cars in Surakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 1(1), 48-56.

Polla, F.C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis pengaruh harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT.Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA, 6(4), 3068-3077.

Rachmawati, D., Shukri, S,. Azam, S. M. F. & Khatibi, A. (2019). Factors influencing customers purchase decision of residential property in Selangor Malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341-1348. doi: 10.5267/j.msl.2019.5.016

Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147.

Sholihat, A. & Rumyeni (2018). Pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Krema Koffie. Jurnal Online Mahasiswa FISIP 5(1), 1-15.

Tjiptono, F. (2011). Service management mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi.

Widajanti, E. (2017). Analisis efek moderasi tingkat pelayanan pada pengaruh produk dan harga terhadap keputusan membeli (Survei pada konsumen Luwes Group Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 17(3),459-468.

Information
Cover Image
PDF
541 times PDF : 2302 times