PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, EKUITAS MEREK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ELEKTRONIK KOREA SELATAN

Indah Jauhari
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Diferensiasi produk, Ekuitas merek dan Inovasi produk terhadap Keputusan Pembelian produk elektronik Korea Selatan. Diferensiasi produk memiliki arti bahwa perusahaan menciptakan suatu produk baru yang menurut konsumen produk tersebut unik dan berbeda. Untuk memenangkan persaingan dan untuk mendapatkan konsumen perusahaan juga membutuhkan faktor lainnya yaitu Ekuitas merek dan Inovasi produk. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah pengguna produk elektronik yang diproduksi oleh produsen Negara Korea Selatan, diwilayah Jakarta Selatan sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Alat bantu analisis yang digunakan adalah SPSS versi 25. Hasil analisa data menunjukkan bahwa semua variabel bebas yang terdiri dari Direfensiasi produk (X1), Ekuitas merek (X2),  dan Inovasi prouk (X3), berpengaruh secara parsial dan simultan (bersama-sama) terhadap Keputusan pembelian (Y) produk elektronik buatan Korea Selatan.
Keywords
Diferensiasi Produk; Ekuitas Merek; Inovasi Produk; Keputusan Pembelian
References

Aaker, A. D. (2013). Manajemen ekuitas merek. Alih Bahasa: Aris Ananda. Jakarta , Id: Spektrum Mitra Utama.

Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Masion Nob. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(2), 250-259.

Alreck, P. L., & Settle, R. B. (2004). The survey research handbook (2nd ed.). New York, US: McGraw-Hill.

Ayuniah, P. (2017). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, iklan, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah (studi kasus pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi Universitas Gunadarma yang mengambil kuliah di kampus Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(3), 208-219.

Basith, A., & Fadhilah, F. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 9(3), 192-203. doi:10.29244/jmo.v9i3.28224

Danawira, A. (2019). Pengaruh differensiasi produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian makanan cepat saji Richeese factory Rempoa. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 76. doi:10.32502/jimn.v9i1.2119

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17-32. doi:10.20527/jwm.v7i1.173

Fadli, & Qomariah. (2008). Analisis pengaruh faktor-faktor ekuitas merek sepeda motor merek Honda terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2), 48-58.

Hartono. (2006). Statistik untuk penelitian. Yogyakarta, Id: Pustaka Pelajar.

Iswati, & Palupy, M. R. (2019). Pengaruh kualitas produk dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian pada loyalitas konsumen (studi kasus pada fast food resto Richeese Factory di Surabaya). Jurnal Eksekutif, 16(2), 415-438.

Jannatun, A. (2013). Pengaruh ekuitas merek dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan Sari Ater Hotel & Resort di Subang) (Undergraduate thesis). Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Indonesia. Retrieved from https://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-annejannat-32473.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2012). Principles of marketing. Prentice Hall.

Oktaviani, R., Widiana, M. E., & Noviandri, I. (2017). Pengaruh diferensiasi, positioning dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian pada PT SMART Tbk. di Surabaya. Jurnal Manajemen Branchmark, 3(3), 1001-1014.

Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-11.

Pratama, A. W. (2017). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung (Studi kasus pada mahasiswa administrasi bisnis fisipol Universitas Mulawarman Samarinda). eJournal Administrasi Bisnis, 5(3), 743-754.

Prasetya, E. G,, Yulianto, E., & Sunarti. (2018). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survei pada mahasiswa fakultas ilmu administrasi bisnis program studi administrasi bisnis angkatan 2014 konsumen air mineral aqua ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(2), 214-221.

Putri, V. D., & Suasana, I. G. (2017). Pengaruh elemen ekuitas merek terhadap keputusan pembelian di gerai Starbucks coffee (Studi pada konsumen domestik Starbucks coffee di wilayah Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 470-496. doi:10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p18

Purba, R. (1996). Measuring consumer perception through factor analysis. The Asian Manager (February – March), 28-32.

Sahetapy, J. P. (2013). Diferensiasi produk, strategi merek, pengaruhnya terhadap keputusan pembelian meubel UD Sinar Sakti Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 411-420.

Setiawan, A. T., Fauzi, A., & Sanawiri, B. (2018). Pengaruh gaya hidup dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian (Survei pada mahasiswa S1 jurusan ilmu administrasi bisnis angkatan 2014/2015 fakultas ilmu administrasi Universitas Brawijaya Malang yang membeli, menggunakan dan mengetahui smartphone Samsung Galaxy Series). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1), 73-81.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung, Id: Alfabeta.

Wardani, M. K., Sunarso, & Susanti, R. (2017). Pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Samsung dengan brand image sebagai variabel moderasi (survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISRI Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 17(1), 51-62.

Wijayanti, E. (2006). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Toyota Kijang (studi kasus pada PT. Nasmoco Kaligawe Semarang). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(3), 4-9.

Information
PDF
2863 times PDF : 2018 times