PENGARUH CUSTOMER SERVICE, LOCATION, STORE DESIGN, DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Customer Service, Location, Store Design, dan Price terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah unit analisis individu, yaitu konsumen pada KidCity Transmart Cilandak. Penelitian ini menggunakan 100 orang responden konsumen KidCity Transmart Cilandak yang dilakukan dengan Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert 1-5. Data dianalisis dengan menggunakan Model Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial Variabel Customer Service dan Price tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada KidCity Transmart Cilandak. Secara Parsial Variabel location dan Store Design berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada KidCity Transmart Cilandak. Secara Simultan sama variabel Customer Service, Location, Store Design, dan Price berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada KidCity Transmart Cilandak.
Keywords
References
Adji, P., & Subagio, H. (2013). Pengaruh retail mix terhadap keputusan pembelian mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-10.
Berman, B., & Evan, J. R. (2010). Retail management (12th ed.). Jakarta, Id: Pearson.
Briliana, V. (2015). Pengaruh retail mix terhadap purchase decision pada pelanggan Lotte Mart di Cabang Fatmawati Jakarta Selatan. Jurnal Bisnis dan Akuntasi, 17(2), 178-189.
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2006). Metode riset bisnis. Jakarta: Penerbit Media Global Edukasi.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed). Boston: McGraw-Hill Higher Education.
Grewal, D., Levy, M., Mathews, S., Harrigan, P., Bucic, T., & Kopanidis, F. (2010). Marketing (2nd ed). McGraw-Hill Education Australia.
Hamid, M. A., Usman, A., & Susetyohadi, A. (2014). Pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian pada konsumen Ramayana Departement Store di Sidoarjo. Jurnal Manajemen BRANCHMARCK, 2(2), 12-26.
Irawati, C., & Subagio, H. (2014). Pengaruh retail mix terhadap loyalitas konsumen dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening di Giordano Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-9.
Karwur, E. (2016). Pengaruh retail marketing mix terhadap keputusan pembelian di Indomaret Paniki. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(03), 196-206.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of marketing (12th ed.). Jakarta, Id: Erlangga.
Kotler, P., & Keller. (2007). Pemasaran jasa dan kualitas pelayanan. Malang, Id: Bayu media Publishing.
Levy, M., & Weitz, B. A. (2009). Retailing management (7th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Irwin.
Melisa, Y. (2012). Pengaruh bauran pemasaran ritel terhadap keputusan pembelian ulang konsumen Mega Prima Swalayan Payakumbuh. Jurnal Manajemen, 01(01), 1-20.
Monintja, R. Y., Mandey, S., & Soegoto, A. S. (2015). Analisis merek, promosi dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di Gelael Swalayan Manado. Jurnal EMBA, 3(4), 279-289.
Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis pengaruh harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA, 6(4), 3068-3077.
Putra, A. S. (2012). Pengaruh retail marketing mix terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai pemoderasi. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 7(2), 97-113.
Purba, R. (1996). Measuring consumer perception through factor analysis. The Asian Manager (February-March), 28-32.
Rumagit, R. R. (2013). Bauran penjualan eceran (Retailing Mix) pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di Jumbo Swalayan Manado. Jurnal EMBA , 1(4), 171-181.
Santoso, S. (2015). Menguasai statistik parametrik: Konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta, id: Elex Media Komputindo.
Septiana, A. C., & Paulus, A. L. (2018). Ritel mix dan keputusan pembelian konsumen: Studi pada konsumen toko ritel di Kota Madiun. Cakrawala Management Business Journal, 1(1), 35-53. doi:10.30862/cm-bj.v1i1.3
Simbolon, F. (2011). Pengaruh bauran ritel terhadap keputusan pembelian konsumen pada Departemen store X di DKI Jakarta. Binus Business Review, 2(1), 88-99. doi:10.21512/bbr.v2i1.1113
Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh harga, lokasi, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 300-311.
Wahyuningrum, T., & Andjarwati, A. L. (2013). Pengaruh lokasi dan store design terhadap Keputusan Berbelanja. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 402-413.
Walukow, A. L., Mananeke, L., & Sepang, J. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA, 2(3), 1737-1749.
Yulianto, H. E., & Wilopo. (2013). Pengaruh retail marketing mix terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada pusat perbelanjaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(2), 186-194.