PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CHATIME PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

Nurul Hidayah
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian Chatime pada mahasiswa Universitas Gunadarma.  Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2016 dengan menggunakan metode sampel yaitu random sampling. Analisis data yang digunakan meliputi Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi. Data analisis dengan menggunakan software statistik SPSS 26.  Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa citra merek, kualitas produk, dan harga berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Chatime.

Keywords
Citra Merek; Kualitas Produk; Harga; Keputusan Pembelian; Chatime
References

Adawiyah, R. (2016). Pengaruh harga, citra merek, kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian produk Rabbani Cabang Pontianak (Studi empiris pada konsumen Rabbani Kota Pontianak). Jurnal Manajemen Update, 5(4), 1-12.

Andrianto, H. N., & Idris. (2013). Pengaruh kualitas produk, citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil jenis MPV merek Toyota Kijang Innova di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 2(3), 121-130.

Brata, B. H., Husani, S. & Ali, H. (2017). The influence of quality products, price, promotion, and location to product purchase decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4B), 433-445.

Buchari, A. (2011). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fatlahah, A. (2013). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian Wall’s Magnum. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 472-485.

Ghanimata, F. & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(2), 1-10.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goenadhi, L.(2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 12(2), 155-162.

Indriasari, D. P. (2017). Pengaruh harga, promosi dan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada restoran cepat saji. Jurnal Ekonomi, 19(3), 290-298.

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity ( 4th ed.). London: Pearson Education Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Sekolah Tinggi Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15-24.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian rokok Surya Promild. Jurnal EMBA (Jurnal Riset Ekonomi Manajemen dan Akuntansi), 1(4), 95-104.

Munawaroh, S. R. (2011). Pengaruh kualitas produk, promosi dan desain terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor Yamaha Mio di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 12(2), 177-184.

Oetama, S. (2011). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam pembelian motor Honda di Sampit. Socioscientia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 145-154.

Ong, I.A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-11.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sholeh, M. & Khuzaini. (2016). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan layanan purna jual terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(7), 1-18.

Supriyadi, Fristin. Y., & Indra K.N. G. (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 135-144.

Tambunan, K. & Widiyanto, I. (2012). Analisis pengaruh citra merek, persepsi kualitas, dan harga terhadap keputusan pembelian bandeng presto (Studi kasus pada konsumen di Bandeng Presto Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(2), 58-66.

Tjiptono, F. (2015). Stratergi pemasaran (Edisi keempat). Yogyakarta: Andi Offset.

Verina, E., Yulianto, E. & Latif, W. A. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook (Survey pada konsumen toko fashion di jejaring sosial Facebook yang berlokasi di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 1-10.

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed Convorta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 607-618.

Wijayanti, R. (2008). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap pembersih wajah Ovale. Jurnal Aplikasi Manajemen, 6(2), 138-154.

Information
Cover Image
PDF
1871 times PDF : 2156 times