PERBEDAAN KINERJA BANK UMUM (Studi di Bank Umum Pemerintah dan Swasta Nasional)

Desy Hertinsyana
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti ada tidaknya perbedaan kinerja pada bank umum pemerintah dan bank umum swasta nasional serta faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitasnya. Jenis penelitian ini menggunakan desain kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum pemerintah dan bank umum swasta nasional yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2018. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji beda dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji beda menunjukkan ada perbedaan kinerja antara bank umum pemerintah dengan bank umum swasta nasional pada rasio LDR dan ROA, sedangkan pada rasio CAR dan BOPO tidak terdapat perbedaan. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa secara simultan, indikator CAR, LDR, dan BOPO berpengaruh terhadap ROA, baik pada bank umum pemerintah dan umum swasta nasional. Secara parsial, pada bank umum pemerintah dan bank umum swasta nasional hanya BOPO yang berpengaruh terhadap ROA.
Keywords
kinerja; CAR; LDR; BOPO; ROA
References

Agustini, N. K. Y. dan Aditya, D. (2015). Analisis Perbandingan Kinerja Likuiditas dan Perputaran Modal Kerja Bank Pemerintah dengan Bank Swasta Nasional yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia. The 7th NCFB and Doctoral Colloquium 2014. Towards a New Indonesia Business Architecture. Sub Tema: Business And Economic Transformation Towards AEC 2015. Fakultas Bisnis dan Pascasarjana. Universitas Wijaya Kusuma. Surabaya.

Chaudary, K. & Sharma, M. (2011). Performance of Indian Public Sector Banks and Private Sector Banks: A Comparative Study. International Journal of Innovation, Management and Technology, 2(3), 249-256.

Defri. (2012). “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI”. Jurnal Manajemen, 1(1), 1-18.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Dewi, L. E., Herawati, N.T & Sulindawati, L. G. E. (2015). Analisis Pengaruh NIM, BOPO, LDR dan NPL terhadap Profitabilitas (Studi Kasus pada Bank Umum Swasta Nasional yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). e-Jurnal S1 Ak. Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1), 1-11.

Hadri & Rofika. (2014). Analisis Perbandingan Kinerja Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Indonesia. JOM FEKON. 1(2), 1-15.

Jumingan. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Bumi Aksara. Surakarta.

Kuncoro, M. & Suhardjono. (2002). Manajemen Perbankan (Teori dan Aplikasi).Edisi Pertama. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Nazir, G. A., Renofa N. & Mardiyanti, U. (2014). Analisis Kinerja Perbandingan Bank Devisa BUMN dan Bank Devisa Swasta pada Tahun 2006-2011. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(1), 100-122

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 31 (Revisi 2009).

Riyadi, S. (2006). Banking Assets and Liability Management (Edisi Ketiga). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sutrisno. (2009).Manajemen Keuangan teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia.Yogyakarta.

Fakultas Ekonomi

Information
PDF
1430 times PDF : 543 times