PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING LOAN (NPL), BIAYA OPERASIONAL DAN PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP LABA PERUSAHAAN PERBANKAN DENGAN VOLUME PENYALURAN KREDIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Melinda Rahma Arullia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, NPL, BOPO dan NIM terhadap volume penyaluran kredit dan laba perusahaan perbankan, pengaruh volume penyaluran kredit terhadap laba perusahaan perbankan serta mengetahui pengaruh CAR, NPL, BOPO dan NIM terhadap laba perusahaan perbankan melalui volume penyaluran kredit. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi data sekunder berupa laporan keuangan tahunan Bank Umum Go Public yang dipublikasikan melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 160. Teknik analisis SEM (Struktural Equation Model) dilakukan untuk menguji pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung dan pengaruh total. Hasil penelitian menunjukkan mean CAR dari 160 observasi perusahaan perbankan adalah sebesar 17,4780%, rata-rata NPL perusahaan 1,8221%, rata-rata BOPO yang diungkapkan oleh perusahaan 79,0935%, rata-rata NIM perusahaan sebesar 5,6951%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terhadap volume penyaluran kredit, CAR dan BOPO berpengaruh negatif, NIM berpengaruh positif, sedangkan NPL tidak berpengaruh. CAR dan BOPO berpengaruh negatif terhadap laba perusahaan sedangkan NPL dan NIM tidak berpengaruh terhadap laba perusahaan perbankan, volume penyaluran kredit berpengaruh positif terhadap laba perusahaan perbankan dan volume penyaluran kredit mampu memediasi CAR, NPL dan NIM terhadap laba perusahaan perbankan tetapi tidak mampu memediasi BOPO terhadap laba perusahaan perbankan.

 

Kata kunci:      Capital Adequacy Ratio(CAR), Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Laba Perusahaan Perbankan, Volume Penyaluran Kredit. 

Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma