PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERSAING PRODUK UMKM DALAM MEMASUKI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pemahaman para pengusaha akan persaingan usaha di era Masyarakat ekonomi Asean (MEA), pentingnya pengendalian kualitas dan pengemasan, mengetahui pengaruh pengendalian kualitas dan pengemasan produk terhadap kemampuan bersaing. serta memperoleh solusi untuk meningkatkan kemampuan bersaing produk UMKM di era MEA. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data melaluiwawancarara dengan para pimpinan perusahaan dan pimpinan Inopak Institute serta pihak-pihak terkait, penyebaran kuesioner dan melakukan observasi langsung ke objek penelitian. Populasi penelitian adalah para pengusaha UMKM mitra kerja Inopak Institute, dengan sampel pengusaha UMKM yang berdomisili di Priangan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian UMKM belum memahami bagaimana persaingan di era MEA, para UMKM telah menyadari pentingnya pengendalian kualuitas dan pengemasan produk, sehingga mereka telah menjalankannya walaupun belum optimal. Pengendalian kualitas dan pengemasan berpengaruh terhadap kemampuan bersaing.
Kata kunci: Kemampuan Bersaing, Pengendalian Kualitas, Pengemasan