PENGARUH STRATEGI INTERNET MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMEN LAZADA.CO.ID DALAM BERBELANJA ONLINE MELALUI VARIABEL ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM)
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Belanja online melalui internet memungkinkan konsumen untuk mencari informasi mengenai produk atau layanan dan melakukan pembelian melalui interaksi langsung dengan pengecer secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh internet marketing, dan electronic word of mouth (ewom) terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja online. Penelitian ini dilakukan terhadap 97 responden yang berbelanja online pada periode Oktober 2015 sampai Februari 2016 dan dianalisis dengan menggunakan SPSS 22 untuk melihat profil responden, ukuran kecenderungan data dan variasi masing-masing variabel indikator penelitian. Peneliti menggunakan SmartPLS 2.0 untuk menguji hubungan pengaruh variable dalam model melalui SEM. Hasil penelitian yang diperoleh, strategi pemasaran internet berpengaruh langsung terhadap ewom dan perilaku konsumen, sedangkan ewom juga langsung mempengaruhi perilaku konsumen. Ewom sebagai variable intervening antara strategi internet marketing terhadap perilaku konsumen, sehingga secara total memperkuat pengaruhnya. Jalur yang menyatakan hubungan pengaruh terkuat adalah strategi internet marketing dan pengaruh positif langsung terhadap perilaku konsumen.
Kata Kunci : Berbelanja online, Perilaku konsumen, Startegi internet marketing, Ewom