ANALISIS PENGARUH DPK, LDR, NPL DAN CAR TERHADAP JUMLAH PENYALURAN KREDIT PADA PT. BANK QNB INDONESIA, Tbk PERIODE 2005 - 2014

Kharisma Citra Amelia, Sri Murtiasih

Abstract


Perbankan memiliki peran besar dalam perekonomian, hal ini tidak terlepas dari peran bank sebagai lembaga intermediasi. Bank memiliki tugas untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel dana pihak ketiga (DPK), loan to deposit ratio (LDR),  non performing loan (NPL) dan capital adequacy ratio (CAR) terhadap kredit yang disalurkan pada PT. Bank QNB Indonesia, Tbk. Data yang digunakan sebagai acuan analisis merupakan data sekunder dari laporan tahunan bank. Jangka waktu penelitian dari tahun 2005-2014.Metode analisis yang digunakan adalah uji F, uji t, regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel DPK, LDR dan CAR berpengaruh positif terhadap jumlah penyaluran kredit.Sedangkan NPL berpengaruh negatif terhadap jumlah penyaluran kredit.Hasil uji F menunjukkan variabel DPK, LDR, NPL dan CAR secara bersama-sama mempengaruhi jumlah kredit yang disalurkan.

 

Kata kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga, Jumlah Penyaluran Kredit, Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan(NPL)

Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma