PEMBENTUKAN CORPORATE BRAND IMAGE MELALUI PENERAPAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Corporate Social Responsibility merupakan program sosial yang sudah mulai banyak dilakukan oleh perusahaan di Indonesia. Penerapan Corporate Social Responsibility tersebut terbukti memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah dapat mempertahankan dan mendongkrak brand image perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan program Corporate Social Responsibility terhadap pembentukan corporate brand image pada PT. NIC di Bekasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan yang mengetahui program Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT. NIC di Bekasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80, yang merupakan pembulatan dari jumlah minimal sampel 65. Teknik sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Responden dipilih dengan kriteria berusia lebih dari 15 tahun dan mengkonsumsi produk PT. NIC minimal tiga kali. Analisis data penelitian digunakan model regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Corporate Social Responsibility berpengaruh secara positif terhadap corporate brand image PT. NIC di Bekasi. Pengaruh dengan nilai terbesar dijumpai pada variabel planet, dibandingkan dengan variabel independen lainnya.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, corporate brand image.