TINGKAT KEPUASAN PEGAWAI PERUSAHAAN PENGELOLA DANA PENSIUN (PPDP)
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia
PT Danureksa Sarana Cipta
Indonesia
Abstract
Pengukuran tingkat kepuasan pegawai di perusahaan pengelola dana pensiun (PPDP) sangatlah penting dan dilakukan setiap tahun. Pada tahun 2015, dilakukan penelitian untuk mengukur tingkat kepuasan tersebut. Metode yang digunakan adalah statistik deskriptif menggunakan penghitungan tingkat kepuasan top two boxes dan analisa importance performance kuadrant. Skala kepuasan menggunakan skala linkert 0 sampai 5. Sampel berjumlah 313 orang di kantor pusat, kantor cabang dan kantor cabang pembantu di beberapa propinsi di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Indeks tingkat kepuasan pegawai tahun 2015 mencapai 87,00, lebih tinggi dari tahun 2014. Urutan variabel yang mempunyai tingkat kepuasan tertinggi sampai terendah adalah kondisi tempat kerja; nilai-nilai perusahaan, komunikasi & kerjasama; pengembangan pegawai; pengawasan; kebijakan; pekerjaan; prestasi & pengakuan; serta gaji & benefit. Untuk meningkatkan tingkat kepuasan di tahun mendatang maka peluang perusahaan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pegawai terletak pada kesempatan kenaikan tingkat/jabatan; penerimaan pedoman karir; dan kesediaan kesempatan berkarir yang setinggi-tingginya.
Kata Kunci: Kepuasan, pegawai, karyawan, pensiun, dana pensiun