TINJAUAN DAN REKOMENDASI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA QUANTITY SURVEYOR (SKKNI QS)

Seng Hansen
orcid
Universitas Agung Podomoro
Indonesia
Susy Fatena Rostiyanti
Universitas Agung Podomoro
Indonesia
Al Fajra
PT. Architectural Interiors Indonesia
Indonesia

Abstract

Seiring dengan perkembangan industri konstruksi di Indonesia, peran profesi quantity surveyor (QS) juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dalam rangka memastikan kompetensi QS, diperlukan peraturan yang mengatur standar kompetensi sebagai acuan dalam menentukan keterampilan yang diperlukan oleh QS. Di Indonesia, kompetensi QS diatur dalam standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) berdasarkan keputusan menteri ketenagakerjaan Nomor KEP.06/MEN/I/2011. SKKNI QS ini diperlukan sebagai dasar pemetaan kompetensi yang harus dimiliki dan sekaligus dasar penyusunan program pelatihan bagi QS di Indonesia. Namun sejak diterbitkan pertama kali pada 2011, SKKNI QS belum mengalami pembaruan guna menjaga kualitas dan relevansi tenaga kerja QS dalam menghadapi persaingan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memberikan rekomendasi terhadap SKKNI QS melalui pendekatan desktop study dan meta-analysis. Dengan demikian, penelitian ini berusaha mengidentifikasi pembaruan unit kompetensi apa yang perlu dilakukan pada SKKNI QS agar profesi QS Indonesia terus berkembang dan mampu bersaing secara global. Hasil analisis merekomendasikan tiga belas unit kompetensi tambahan yang perlu dimasukkan ke dalam SKKNI QS baru. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan profesi QS di Indonesia melalui pembaruan SKKNI sebagai instrumen krusial dalam menjaga kualifikasi dan kompetensi QS di Indonesia.

Keywords
kompetensi; konstruksi; meta-analysis; quantity surveyor; SKKNI
References

Anumudu, A.C., and Nwankwo, L.C. (2022). The Importance of Quantity Surveying Skills and Competencies in the Nigerian Construction Industry. Proceedings of the 6th Research Conference of NIQS (RECON 6), pp. 232-250.

Ashworth, A., Hogg, K., and Higgs, C. (2013). Willis’s Practice and Procedure for the Quantity Surveyor 13th Edition. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Konstruksi, https://www.bps.go.id/publication/2022/12/19/10bc867cf528d39af307a644/statistik-konstruksi-2021.html [diakses 5/4/2023].

Cunningham, T. (2014). The Work and Skills Base of the Quantity Surveyor in Ireland – An Introduction. DOI: 10.21427/prwx-z232.

Ekanayaka, E.M.P.K., and Bandara, G.P.M.C.M. (2021). Study of Quantity Surveying Roles and Skills Requirement under Green Building Development in Sri Lanka. KDUIRC International Research Conference, ID 454, pp. 190-206.

Eshun, B.D. (2018). Exploring the Professional Competencies of Quantity Surveyor in Retrofitting and Adaptation of Existing Building. Master Thesis, Kwame Nkrumah University of Science and Technology.

Hansen, S. (2017a). Manajemen Kontrak Konstruksi, Edisi 2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hansen, S. (2017b). Quantity Surveying: Pengantar Manajemen Biaya dan Kontrak Konstruksi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Irianto, Rochmawati, R., Yuniata, A., Mabui, D.S.S., Rasyid, A., and Tonggiroh, M. (2022). Pelatihan dan Sertifikasi Instruktur Tenaga Kerja Konstruksi Level 3. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol. 6, No. 2, pp. 124-129.

Lilavivat, I. (2013). The competencies of quantity surveyor in Thailand. Master Thesis, Heriot-Watt University.

Oladotun, A.J., and Edosa, O.M. (2017). The Need for Professionalism and Competencies in the Construction Industry. International Journal of Built Environment and Sustainability, Vol. 4, No. 1, pp. 10-16.

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Royal Institute of Chartered Surveyors (RICS). (2018). Quantity Surveying and Construction Pathway Guide. https://www.rics.org/content/dam/ricsglobal/documents/join-rics/qs_and_construction.pdf [diakses 4/4/2023].

Royal Institution of Surveyors Malaysia (RISM). (2021). RISM Assessment of Competence and Competency Guide. https://rism.org.my/download/rism-competency-guide/ [diakses 4/4/2023].

Shayan, S., Kim, K.P., Ma, T., and Freda, R. (2019). Emerging Challenges and Roles for Quantity Surveyors in the Construction Industry. Management Review: An International Journal, Vol. 14, No. 1, pp. 82-95.

Shorten, A., and Shorten, B. (2013). What is meta-analysis? Evidence Based Nursing, Vol. 16, No. 1, pp. 3-4.

Singapore Institute of Surveyors and Valuers (SISV). (2019). Assessment of Professional Competence: Quantity Surveying Division. https://www.sisv.org.sg/admin/efinder/files/doc/qs/APC/GuideBook/Candidate's%20Guide%20for%20Graduate%20Route%20Final.pdf [diakses 5/4/2023].

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia QS (SKKNI QS). (2011).

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Xiao, Y., and Watson, M. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, Vol. 39, No. 1, pp. 93-112.

Yan, M., and Cheng, K.Y. (2021). Expected Competencies of Graduate Quantity Surveyors Working in New Zealand. 2021 AACE International Technical Paper, DEV-3687, pp. 1-26.

Yang, G., Xu, Y., and Cheng, K.Y. (2022). Bridging QS Competency Gap to Meet the Industry Demand in the 21st Century among QS Graduates in China. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 13, No. 3, pp. 71-79.

Information
PDF
278 times PDF : 141 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)