PEMANFAATAN DATA TROPICAL RAINFALL MEASURING MISSION PADA STASIUN HUJAN DI WILAYAH SUNGAI BENANAIN

Wilhelmus Bunganaen
Universitas Nusa Cendana
Indonesia
Denik Sri Krisnayanti
orcid
Universitas Nusa Cendana
Indonesia
Judi K Nasjono
Universitas Nusa Cendana
Indonesia
Nichorids S Saudale
Indonesia

Abstract

Wilayah Sungai Benanain merupakan salah satu wilayah sungai yang berada di Pulau Timor. Sumber air yang berada pada wilayah sungai ini memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pemanfaatannya bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data curah hujan dari TRMM dan pos hujan yang dapat dipakai pada analisis hidrologi. Analisis ini dilakukan pada 26 data pos hujan yang dikunci oleh grid TRMM dengan resolusi 0,25° x 0,25°. Dalam setiap grid TRMM terdapat minimal 1 data pos hujan sehingga berdasarkan persebarannya pada penelitian ini terdapat 11 grid TRMM. Hasil yang diperoleh adalah nilai koefisien korelasi pada basis hujan bulanan sebesar 0,1143 – 0,8760. Nilai RMSE pada basis hujan bulanan sebesar 34,59 – 1102,86. Nilai error pada basis hujan harian maksimum tahunan (HHMT) sebesar 0,0610 – 1,3647. Nilai error pada basis hujan harian sebesar 0,0029 – 0,0463. Data curah hujan yang lolos uji karakteristik hujan rencana ialah data yang memiliki nilai R100/R2 antara 1,5–3,4 serta grafik lengkung faktor pertumbuhannya memiliki trend yang relatif sama dengan data hujan lainnya. Data satelit yang lolos uji karakteristik hujan rencana ialah yakni TRMM I, II, III, IV, V, VIII, IX, X dan XI. Pos hujan yang lolos uji karakteristik hujan rencana yakni Kaubele, Haliwen, Baurasi, Lahurus, Oekoni, Manufui, Uaba’u, Noemuti, Kesetnana, dan Oinlasi.

Keywords
Correlation Coefficient; Correction Factor; Rain Characteristics
References

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Lasiana. (n.d.). Data Hujan Harian. Kupang: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Lasiana.

Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur. (2021). https//ntt.bps.go.id.

Balai Bendungan. (2019). Analisis Curah Hujan Rencana dengan Data TRMM. Palembang: Bimbingan Teknis Balai Bendungan.

Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II. (2013). Penyusunan Rencana Pengelolaan SDA Wilayah Sungai Benanain Tahap II. Kupang.

Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II. (2013). Penyusunan Rencana Pengelolaan SDA WS Noelmina Tahap - II. Kupang.

Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II. (2019). Data Hujan Harian. Kupang: Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II.

Guilford, J., & Benjamin, F. (1973). Fundamental Statistics In Psychology and Education. New York: McGraw-Hill.

Hariarta, I. W. (n.d.). Verifikasi Data Curah Hujan TRMM di Sumbawa Menggunakan Metode Inverse Distance Weighting, Mean, dan Point. Banten: Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi G Geofisika.

http://giovanni.gsfc.nasa.gov/giovani/data=TRMM_Daily_7_precipitation. (24 Mei 2021). (n.d.). Data diambil dalam format CSV dengan resolusi 0,25 x 0,25.

http://trmm.gsfc.nasa.gov/trmm.html di ambil ( 22 Mei 2021). (n.d.).

Krisnayanti, D. S., Welkis, D. F., Hepy, F. M., & Legono, D. (2020). Evaluasi Kesesuaian Data Tropical Rainfall Mission (TRMM) dengan Data Pos Hujan Pada Das Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Sumber Daya Air Vol.16,No.1.

Mamenum, P. H., & Sophaheluwukan, A. (2014). Validasi dan Korelasi Data Satelit TRMM pada Tiga Pola Hujan di Indonesia. Hujan Metorologi dan Geofisika.

Murphy, C., Cunnane, C., Das, C., & Mandala, U. (2014). Flood Studies Update, TechnicalResearch Report : Volume II Flood Frequency Estimation. Derived From Technical

Research Report by NUI Galway and NUI Maynooth. Public Works of Ireland.

Nomnafa, F. R., Krisnayanti, D. S., Ramang, R., & Udiana, I. (2022). Penggunaan Data Satelit TRMM Terhadap Stasiun Curah Hujan di WS Noelmina. Kupang: Jurnal Teknik Pengairan.

Steven, C. A. (2015). Koreksi Data Hujan Dasarian TRMM Di Stasiun Klimatologi Kairatu Menggunakan Regresi Linear Sederhana . Jakarta: STMKG.

Yosevina , N. N., Ferdi, & Wandayantolis. (2014). Verifikasi Data Estimasi Curah Hujan dari Satelit TRMM dan Pos Hujan BMKG di Sulawesi Utara. Manado: FMIPA UNSRAT.

Information
PDF
85 times PDF : 52 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)