EFISIENSI PROPERTI BALOK UNTUK PERENCANAAN JEMBATAN BETON PRATEGANG

Relly Andayani
Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma
Indonesia
Hasan Basri Maulana
Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian pada perencanaan jembatan beton prategang ini memiliki tujuan untuk
mendapatkan dimensi dan properti balok induk jembatan yang efisien pada
jembatan bentang 60 m. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode tegangan batas. Balok yang memenuhi syarat keamanan dan
kenyamanan hasil analisis metode tegangan batas akan dibandingkan satu sama
lain, sehingga dipilih yang paling efisien. Hasil dari efisiensi profil tersebut
adalah Tipe D3, yang memiliki luas penampang sebesar 0,899 m2 dan jumlah
untai baja prategang sebanyak 114 buah. Tegangan yang terjadi pada profil Tipe
D3 adalah 20.503,102 kPa untuk serat tekan teratas, dan 2.543,839 kPa untuk
serat tarik terbawah. Lendutan maksimum yang terjadi pada profil Tipe D3
sebesar 0,16481 meter. Momen nominal yang dimiliki profil Tipe D3 adalah
37.954,4556􀀃 kNm, dengan reduksi sebesar 0,8, profil balok Tipe D3 masih
memiliki momen tahanan yang lebih besar dari momen ultimit.

Information
ABSTRACT Tweet
864 times PDF : 347 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)