ANALISIS PENURUNAN TINGKAT KINERJA JALAN AKIBAT KEGIATAN PARKIR DI BADAN JALAN DI KOTA KUPANG

Andi Kumalawati
Universitas Nusa Cendana
Indonesia
Tiara Fritalota Neno
Universitas Nusa Cendana
Indonesia
Dolly W. Karels
Universitas Nusa Cendana
Indonesia

Abstract

Sebagai salah satu kelurahan di Kota Kupang, kelurahan Oesapa mengalami pembangunan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Hal ini mengakibatkan semakin padatnya arus lalu lintas di kelurahan Oesapa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung derajat kejenuhan serta tingkat pelayanan jalan dan menghitung besar penurunan tingkat kinerja jalan akibat kegiatan parkir di badan jalan. Pelaksanaan survei volume lalu lintas (traffic counting) selama satu minggu (7 hari) pada pukul 07.00 – 22.00 WITA. Data yang telah diperoleh diolah dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Dari hasil analisis diperoleh nilai derajat kejenuhan rata-rata 0,82 serta tingkat pelayanan jalan mencapai level D untuk kondisi parkir di badan jalan, derajat kejenuhan rata-rata 0,62 dengan tingkat pelayanan jalan level C untuk kondisi normal. Sedangkan untuk penurunan kinerja jalan terbesar terjadi pada hari Rabu pukul 18.00-19.00 sebesar 0.19, sehingga kegiatan parkir pada badan jalan sangat mempengaruhi kinerja ruas jalan, terutama pada ruas jalan Timor Raya Oesapa Kilometer 9.

Keywords
Kinerja Jalan; Kapasitas; Parkir Di Badan Jalan; pelayanan Jalan; Derajat Kejenuhan
References

Abubakar, 1. Etc. (1998). Pedoman Perencanaan dan pengoperasian Fasilitas Parkir. Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta.

Andi Kumalawati, Sudiyo Utomo, John H. Frans, Judi K. Nasjono. (2021) Hubungan Volume Dan Kecepatan Lalu Lintas Terhadap Kinerja Jalan Ahmad Yani Kota Kupang, E-JURNAL. Vol. 10 No. 2.

Dirjen Jenderal Perhubungan Darat (1995), Pedoman Perencanaan dan Pengoprasian Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan Republik Indonesia, Jakarta.

Ida Hadijah, Leni Sriharyani. 2016. Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Imam Bonjol Kota Metro), - E-JURNAL. Vol. 5 No. 2 Mei 2016.

Shatnawi, I.M., 2010, “Abu Dhabi Parking Rates Requirements”, ITE Journal, Institute of Transportation Engineers, September, ProQuest, pp.42

PKJI (2014), Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Indonesia.

Warpani, P. Suwardjoko. (2002). Pengelolahan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung : Penerbit ITB.

Warpani, P. Suwadjoko. (1990). Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung : Penerbit ITB.

Information
PDF
139 times PDF : 88 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)