HUBUNGAN KONFIGURASI RUANG DAN KARAKTERISTIK KAMPUNG WISATA (Studi Kasus: Kampung Luar Batang dan Kampung Akuarium, Jakarta Utara)

Tamiya Miftau Saada Kasman
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan konfigurasi ruang dan karakteristik permukiman dengan kegiatan wisata yang membentuk tatanan ruang khas sebuah kampung wisata. Kampung Luar Batang dan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, sebagai destinasi wisata budaya religi, tentunya memiliki tatanan ruang yang berbeda sehingga hal ini menarik untuk diteliti. Penelitian dilakukan sejak tahun 2015 hingga tahun 2016, sebelum terjadinya penggusuran Kampung Akuarium. Variabel penelitian dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif (mixed methods). Konfigurasi ruang dalam penelitian ini dilihat dari konektivitas dan integrasi ruang yang dianalisis dengan space syntax, menggunakan aplikasi depthmapX.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konfigurasi ruang dengan beberapa variabel dari karakteristik kampung wisata. Variabel atraktor, fasilitas, keberadaan akses, dan aktivitas penghuni, memiliki hubungan yang signifikan dengan konfigurasi ruang. Namun, variabel aktivitas pengunjung dan klasifikasi akses/jalan tidak memiliki hubungan dengan konfigurasi ruang. Selain itu, hasil space syntax juga menunjukkan bahwa ruang yang paling terintegrasi adalah area Masjid Jami Keramat Luar Batang, hal ini sesuai dengan ciri khas kampung wisata religi.

Keywords
konfigurasi ruang; karakteristik; kampung; wisata; space syntax
References

Dursun, P. (2007). Space syntax in architectural design. Proceedings, 6th International Space Syntax Symposium, Istanbul, 2007. pp. 01-56.

Hillier, B. & Hanson, J. (1984). The Social Logic of Space. London: Cambridge University Press.

Hillier, B. (1996). Space is the Machine: a configurational theory of architecture. Cambridge University Press, UK.

Kasman, T. M. S. (2016). Tatanan Spasial Permukiman dengan Kegiatan Wisata. Studi Kasus: Kawasan Luar Batang dan Pasar Ikan, Jakarta Utara. Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung.

Kasman, T. M. S. (2019). Hirarki Ruang Permukiman dengan Kegiatan Wisata di Kampung Luar Batang, Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Desain dan Konstruksi, Volume 18, Nomor 1, Juni 2019.

Pramudito, S. (2013). Analisis Pola Tata Ruang Terbuka Tepian Sungai Winongo di Kampung Budaya Bangunrejo. Jurnal Arsitektur KOMPOSISI, Volume 10, Nomor 4, Oktober 2013.

Ramadhan, T., dkk. (2018). Kajian Spasial Penempatan Fasial Sosial di Permukiman Padat Kota Bandung Menggunakan Analisis Space Syntax. Jurnal Arsitektur Arcade. Volume 2, Nomor 2, Juli 2018.

Romdhoni, M. F. (2018). Analisis Pola Konfigurasi Ruang Terbuka Kota dengan Penggunaan Metoda Space Syntax sebagai Spatial Logic dan Space Use. NALARs Jurnal Arsitektur FT UMJ, Vol 17, No 2, Juni 2018.

Saraiva, M. & Pinho, P. (2017) Spatial modelling of commercial spaces in medium-sized cities. GeoJournal, Vol 82, pp. 433–454.

Siregar, J. P. (2014). Modul 01 Space Syntax Metodologi Dasar Space Syntax dalam Analisis Konfigurasi Ruang. Malang: Universitas Brawijaya.

Yasin, M. P. (2011). Pengaruh Konfigurasi Ruang dan Atraktor pada Pergerakan Pengunjung di Shopping Mall, Bandung. Disertasi Arsitektur, Institut Teknologi Bandung

Information
PDF
336 times PDF : 251 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)