IDENTIFIKASI PENANGANAN WASTE MATERIAL BERDASARKAN PANDANGAN KONTRAKTOR DAN KONSULTAN KOTA PALANGKA RAYA

Subrata Aditama Kittie Aidon Uda
orcid
Universitas Palangka Raya
Indonesia
Waluyo Nuswantoro
Universitas Palangka Raya
Indonesia
Poppy Olga Lestari
Universitas Palangka Raya
Indonesia

Abstract
Dalam pelaksanaan pembangunan proyek konstruksi sering terjadi masalah, salah satunya yaitu masih banyaknya sisa material yang terbuang begitu saja dan akan menimbulkan waste. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui apa saja indikator penyebab waste material, cara penanganan waste material yang telah terjadi di bangunan gedung, serita indikator penyebab waste material yang dominan yang telah terjadi pada bangunan gedung. Survey dilakukan menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada para kontraktor dan konsultan di Kota Palangka Raya. Jumlah responden dalam penelitian ini didapat sebanyak 30 responden. Pengolahan data dan analisis menggunakan analisis frekuensi, analisis mean dan standar deviasi yang dilakukan untuk melihat ranking atau peringkat instrumen penelitian. Indikator penyebab waste material, yaitu kesalahan dalam kontrak dokumen, pembelian material yang tidak sesuai spesifikasi, penyimpanan material yang tidak benar, perencanaan yang tidak sempurna, kesalahan pada saat memotong material, kurangnya pengetahuan mengenai pencampuran material basah, dan buruknya pengontrolan material di lapangan. Cara penanganan waste material yang telah terjadi dengan adanya komunikasi yang baik, mengklaim untuk diminta mengganti material yang tidak sesuai spesifikasi, pengaturan letak material, pelatihan kepada para pekerja, penyediaan area pemotongan material, upcycle, dan pengontrolan ketepatan jumlah material yang dikirim ke lokasi proyek. Dan indikator dominan penyebab dan cara penanganan waste material berada dikategori perencanaan, pelaksanaan dan penanganan
Keywords
Waste material; Bangunan gedung; Penanganan
References

Bossink, B. A. G, dan Brouwers H. J. H. (1996) Construction Waste: Quantification And Source Evaluation. Journal of Construction Engineering and Management, Vol. 122, No.1, pp. 55 – 67.

Dewi, Dian Ayunita. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Bandung: Universitas Diponegoro.

Gavilan, R. M., and Bernold, L. E. (1994). Source Evaluation of Waste in Building Construction, Journal of Engineering and Mangement, Vol.120, No.3, pp. 1-10.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc Graw-Hill Book Co. Inc.

Intan, Suryanto. (2005) Analisa dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi: Sumber Penyebab, Kuantitas, dan Biaya. Tesis Pascasarjana – Universitas Kristen Petra Surabaya. Surabaya.

Liman, K., & Sulistio, H. (2020). Waste Material Beton pada Proyek Konstruksi di Jakarta. Jurnal Mitra Teknik Sipil, Vol.3, No.1, pp. 183-190.

Luita, Pranisa. (2020). Penanganan Material Waste pada Proyek Konstruksi Perumahan Sederhana di Kota Palangka Raya. Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Palangka Raya.

Muhidin, Samas Ali, dan Maman Abdurahma (2017) Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penenlitian Dilengkapi dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung : CV Pustaka Setia.

Putu I Gusti, Putra. (2018). Penanganan Waste material Pada Proyek Konstruksi Gedung Bertingkat, Jurnal Spektran. Vol. 6, No. 2, pp. 176 – 185.

Siregar, Syofian. (2010) Statistika Deskriptif untuk Penelitian., Jakarta : Pt Rajagrafindo Persada.

Siregar, Syofian. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS., Jakarta : Kencana.

Subrata A.K.A.U, M.A. Wibowo, J.U.D. Hatmoko, (2020) Optimization of Embodied Energy in Bridge Construction, Civil Engineering and Architecture, Vol. 8, No.6, pp. 1167-1177.

Subrata A.K.A.U, M.A. Wibowo, J.U.D. Hatmoko, (2021) Embodied and Operational Energy Assessment Using Structural Equation Modeling for Construction Project, Civil Engineering and Architecture , Vol.9, No.3, pp. 670-681.

Sugiarto, Widi Hartono, Indra Tri Prakoso. (2017) Analisis Dan Identifikasi Sisa Material Kontruksi Dalam Proyek Pembangunan Dan Peningkatan Jalan Solo-Gemolong-Geyer Bts, Kab.Sragen. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil, Vol.5, No. 3, pp. 1-10.

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufiq, M., & Anif, W. B. (2019). Analisis Pengendalian Sisa Material Pada Pelaksanaan. Ensiklopedia of Journal, Vol.1, No.4, pp. 251-254.

Tchobanoglous, Theisen, H., and Vigil, S.A. (1993) Integrated Solid Management, McGraw-Hill. Inc., Ner Jersey.

Triandini, Asih. (2019) Konsep Penerapan Waste Management pada Kontraktor di Kota Palangka Raya. Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Palangka Raya.

Widiyanto, Joko. (2010) SPSS For Windows untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Wiguna, I Putu Artama dkk. (2009), Analisis Penanganan Waste material Pada Proyek Perumahan di Surabaya. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah. Surabaya, pp. A 147- A57.

Yang dan Miller. (2008) Karakteristik responden. Jakarta: Erlangga.

Information
PDF
471 times PDF : 802 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)