APLIKASI ORGANISASI LINIER SEBAGAI SOLUSI KETERBATASAN RUANG DI DETHRONE ULTIMATE E-SPORT ARENA

Nyoman Goris Cahyadi
Institut Seni Indonesia Denpasar
Indonesia
I Nyoman Artayasa
Institut Seni Indonesia Denpasar
Indonesia

Abstract

Berkembangnya ekosistem eSport di Indonesia sejalan dengan pertumbuhan tempat-tempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut, seperti  DeThrone Ultimate eSport Arena yang merupakan eSport Arena yang cukup besar di area Denpasar karena dapat menampung kurang lebih 100 orang dengan keluasan 237,5 m2. Untuk menampung 100 orang dengan fasilitas pendukungnya, seharusnya membutuhkan ruang minimal sebesar 250 s/d 300 m2. Peneliti ingin meneliti desain penataan ruang dan fasilitas yang dimiliki oleh objek kasus tersebut, agar peneliti mengetahui cara DeThrone Ultimate eSport Arena dalam mensiasati keterbatasan ruang. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa literasai, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ialah dengan mengkomposisikan fasilitas ruang yang menggunakan desain custom furniture, yaitu berupa meja komputer dengan bentuk yang memanjang dan saling berhadapan satu sama lain, serta penempatan fasilitas ruang yang menempel pada bagian dinding juga berfungsi untuk meminimalisir ruangan yang terbuang.

Keywords
eSport; Fasilitas; Ruang
References

Hanapiah, D. P., Istanto, F. H., & Nuradhi, L. M. (2016). Implementasi Desain Interior Mandarin Chinese Restaurant “The Fortune Chinese”.

Hapsoro, P. W. (1999). Studi Tentang Organisasi Ruang Dan Tata Letak Perabot Pada Gedung Kantor Cabang Pegadaian Di DIY (Doctoral dissertation, Desain Interior ISI Yogyakarta).

Indrani, H. C., & Prasodjo, M. E. (2005). Tipologi Organisasi Ruang dan Elemen Interior Rumah Abu Han di Surabaya. Dimensi Interior, 3(1).

Karlen, Mark. Dasar-dasar Perencanaan Ruang. 2007. Jakarta: Erlangga

Nayla, A. C., & Purisari, R. (2019). PENERAPAN RANCANGAN PROGRAM RUANG, SIRKULASI DAN LAYOUT FURNITURE PADA TINY HOUSE Studi Kasus: 3500 Millimeters House Karya AGo Architects. In Seminar Nasional Komunitas dan Kota Berkelanjutan (Vol. 1, No. 1, pp. 26-33).

Nurhaiza, N. (2015). KAJIAN ORGANISASI RUANG PADA BANGUNAN RUMAH TJONG A FIE BERDASARKAN KAIDAH ARSITEKTUR CINA. ARSITEKNO, 5(5), 45-54.

Rinaldi, R., & Krisnadi, I. (2019). Analisa Dampak Perkembangan Esports Terhadap Persaingan Operator Seluler Di Indonesia. Universitas Mercubuana, Manajemen ICT.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Yoshi. 2020. “Apakah Warnet dan Bisnis ICafe Adalah Hal YangBerbeda?”, https://www.indoesports.com/news/esports-bisnis/apakah-warnet-dan-bisnis-icafe-adalah-hal-yang-berbeda, Diakses pada 26 April 2021 Pukul 20.00.

Information
PDF
267 times PDF : 122 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)