UJI MODEL FISIK STABILITAS UNIT LAPIS LINDUNG PEMECAH GELOMBANG PELABUHAN SANUR

Oki Setyandito
Universitas Bina Nusantara
Indonesia
Haryo Dwito Armono
orcid
https://www.researchgate.net/profile/Haryo-Armono
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Indonesia
Nur Yuwono
Universitas Gadjah Mada
Indonesia

Abstract

Analisis stabilitas suatu struktur pemecah gelombang sebaiknya tidak hanya berdasarkan rumus-rumus empiris atau model matematik semata. Meskipun perkembangan teknologi informasi dan komputasi telah sedemikian berkembang, formula empiris dan metode numerik dalam pemodelan matematik belum mampu menunjukkan secara nyata proses fisik dan mekanisme keruntuhan unit lapis lindung pemecah gelombang. Proses gelombang pecah dan interaksinya dengan unit lapis lindung juga tidak bisa terlihat lengkap dalam suatu model matematik. Untuk itu, uji model fisik diperlukan untuk memastikan bahwa unit lapis lindung struktur pemecah gelombang yang akan dibangun memiliki stabilitas dan memberikan kinerja yang cukup baik. Makalah ini menjelaskan proses persiapan dan pengujian yang dilakukan dalam mengkaji stabilitas unit lapis lindung pemecah gelombang pada pelabuhan Sanur. Uji model fisik dilaksanakan di saluran gelombang yang tersedia di Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai (BTIPDP), Yogyakarta. Berdasarkan teori kesebangunan Froude, telah dilakukan uji model pemecah gelombang 2 dimensi untuk mengkaji stabilitas unit lapis lindung utama. Model pemecah gelombang diuji dengan gelombang acak yang dibangkitkan mesin pembangkit gelombang buatan HR Wallingford (Inggris) yang baru saja dipasang di saluran uji 2 dimensi BTIPDP tahun 2019 lalu. Hasil uji model fisik telah digunakan untuk merancang pemecah gelombang di pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali agar dapat diketahui kerusakan struktur pada berbagai tinggi gelombang. Dari hasil pengujian ini dapat ditetapkan ukuran berat lapis lindung / armour unit yg masih diijinkan rusak 0,5 % pada tinggi gelombang rencana dengan kala ulang 100 tahun. 

Keywords
Uji Model Fisik; Tetrapod; BPPT-lock; Breakwater; Gelombang Acak
References

BTIPDP., (2021). Laporan Hasil Uji Model Fisik Breakwater Pelabuhan Sanur di Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai. Yogyakarta.

Hudson, R. Y., (1958). Design of Quarry-stone Cover Layers for Rubble-mound Breakwaters. US Army Engineers Waterways Experiment Station. Vicksburg, Mississippi.

Hudson, R. Y., (1975). Scale Effects in Rubble-Mound by Variations in the Specific Gravity of the Armor Units and Underlayer Stones. US Army Engineer Waterways Experiment Station, Vicksburg, Mississippi.

Hughes, S. A., (1993). Physical Models and Laboratory Techniques in Coastal Engineering. World Scientific, Singapore.

Kementerian Perhubungan RI., (2019). Rencana Induk Pelabuhan Sanur Kota Denpasar, Provinsi Bali. Jakarta.

Latham, J.-P., Xiang, J., & Higuera, P., (2015). Numerical Modelling of the Stability of Breakwater Armour Systems, disajikan pada Coastal Structures and Solutions to Coastal Disasters 2015, 9 – 11 September, Boston, Massachusetts

Meer, Van. der., (1988). Rock Slopes and Gravel Beaches under Wave Attack. Ph.D Thesis, Delft University of Technology.

Wolters, G., van Gent, M., Allsop, W., Hamm, L., & Mühlestein, D., (2009). HYDRALAB III: Guidelines for physical model testing, HYDRALAB III Consortium Participants (DHI, HRW, UPC, LNEC) & SOGREAH.

Yuwono, N., Triatmadja, R., Nurfaida, W., dan Bhakty, E. T., (2021). Perencanaan Model Skala Hidraulis (2 ed.). Kanisius, Yogyakarta.

Information
PDF
453 times PDF : 673 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)