ANALISA PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE ASPHALT INSTITUTE DAN METODE ANALISA KOMPONEN UNTUK SUATU NILAI RANCANG TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN ARIF RAHMAN HAKIM, DEPOK

Jennie Kusumaningrum
http://www.gunadarma.ac.id
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Tahap perencanaan pada proyek pembuatan jalan memegang peranan yang penting,
salah satunya adalah pada saat penentuan nilai rancang tebal perkerasan lentur yang
dapat dihitung dengan menggunakan beberapa metode diantaranya metode asphalt institute,
metode analisa komponen,dan lain-lain. Dipilihnya metode asphalt institute dan
metode analisa komponen dalam perancangan tebal perkerasan lentur jalan Flyover Arif
Rahman Hakim, Depok, karena metode ini menyediakan kemampuan yang lebih baik
dalam kaitannya dengan lalu lintas, material dan kondisi lingkungan yang luas serta
berhasil menggabungkan metode mekanis dan teori empiris dalam prosedur perancangannya.
Penelitian ini membahas perbandingan nilai rancang tebal perkerasan
dengan metode asphalt institute dan metode analisa komponen untuk diperoleh hasil
perencanaan akhir dari studi perbandingan kedua metode tersebut dengan memperhatikan
nilai–nilai yang lebih ekonomis dan efisien. Dari hasil perhitungan tebal
perkerasan didapat nilai tebal perkerasan yang berbeda pada tiap metode yang dipakai.
Metode yang dianggap ekonomis dan efisien adalah Metode Analisa Komponen dengan
rincian biaya total Rp. 6.018.894.000,00 dan memiliki tebal perkerasan yang paling tipis.


Abstract
Planning stage at project of making of road plays a part important, one of them is at the
time of determination of thick design value of countable flexible pavement by using some
methods between of asphalt institute method, component analysis method, etc. Reason of
selecting of asphalt institute method and component analysis method in this study because
this method provides better ability in the relation with traffic, material and condition of
wide area and successfully merges mechanical method and the empiric theory in its. This
research studies comparison of thick design value pavement with asphalt institute method
and component analysis method to be obtained result of planning of end of se-cond
comparison study of the method by paying attention to value which more efficient and
economic. From result of calculation pavement thick is gotten thick value of different
pavement at every method used. Method assumed efficient and economic is component
analysis method with detail of total cost Rp. 6,018,894,000.00 and has flimsiest pavement
thick.

Information
Abstract Tweet
944 times PDF : 320 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)