PERENCANAAN LAPISAN ATAS PERKERASAN KAKU DENGAN METODE NAASRA PADA JALAN SENTOSA – IR. H. JUANDA, DEPOK

Irmina Setyaningrum
http://www.Gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Laju pertumbuhan penduduk biasanya selalu diikuti dengan laju pertumbuhan lalu lintas,
yang pada akhirnya akan meningkatkan pula konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan
transportasi terutama kendaraan. Di kota Depok perkembangan jumlah penduduk
berlangsung cepat dengan laju pertumbuhan rata-rata 3,70% per tahun. Oleh karena itu,
Pemerintah kota Depok terus berusaha melakukan pengembangan sistem transportasi,
diantaranya adalah pembangunan Jl. Sentosa – Ir.H.Juanda yang merupakan salah satu
jalan baru di Kota Depok. Dalam merencanakan pembangunan jalan perlu adanya
perencanaan jenis konstruksi perkerasan yang sesuai dengan kondisi jalan. Adapun
perencanaan jalan tersebut untuk saat ini telah digunakan Perkerasan Lentur, oleh
karena itu akan dicoba merencanakan ulang dengan jenis Perkerasan Kaku dengan
Metode NAASRA (National Associations of Australian State Road Authorities, Interim
Guide to Pavement Thickness Design, 1979). Tujuannya adalah untuk mendapatkan
ukuran tulangan dan tebal perkerasan yang sesuai dengan umur rencana dan volume
lalu lintas rencana yang akan melewati jalan baru tersebut.


Abstract
Resident growth rate usually always is followed with traffic growth rate, which in the end
will increase also consumption of public to requirement of transportation especially
vehicle. In town Depok development of number of residents takes place quickly with
growth rate average of 3,70% per year. Therefore, the Government of Depok Town
always makes an attempt on system development of transportation, between it is
development of Jl. Sentosa - Ir.H.Juanda which is one of new road in Depok Town. In
planning the road-works needs existence of planning of construction type of pavement
matching with condition of the road. As for planning of the road for the existing has been
applied flexible pavement, therefore writer will try re-plans with type rigid pavement with
NAASRA methode ( National Associations of Australian State Road Authorities, Interim
Guide to Pavement Thickness Design, 1979). Its purpose is to get frame measure and
thick pavement matching with lifespan and plan traffic volume which will pass the new
road.
Keywords : pavement, Project, road, lifespan.

Information
Abstract Tweet
760 times PDF : 1151 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)