EVALUASI ESTIMASI KOEFISIEN KEKASARAN PADA EKSPERIMEN MODEL FISIK

Miskar Maini
https://orcid.org/0000-0001-7193-1724
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Indonesia
Djoko Legono
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Indonesia
Agatha Padma Laksitaningtyas
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Indonesia

Abstract
Pengaliran air pada saluran terbuka sangat dipengaruhi pada bentuk permukaan saluran. Bentuk permukaan yang kasar akan memberikan kehilangan energi yang besar karena mempunyai nilai tahanan yang besar dan sebaliknya dengan bentuk permukaan yang halus kehilangan energi cukup kecil. Banyak peneliti yang telah melakukan eksperimen dengan model fisik terkait pengaruh koefisien kekasaran terhadap aliran. Semuanya menjelaskan resistensi dengan koefisien kekasaran tunggal, dan masalah utama adalah perbedaan koefisien kekasaran yang diprediksi dengan hasil pengukuran eksperimen pada model fisik tentu akan memberikan nilai koefisien kekasaran yang berbeda antara pengukuran dan estimasi, sehingga diperlukan analisa  persentase tingkat kesalahan antara data pengukuran pada uji model fisik dengan data hasil estimasi khusus koefisien kekasaran. Studi ini dilakukan dengan metode uji statistik besarnya tingkat eror pada data koefisien kekasaran terukur di model fisik dengan analisa data koefisien kekasaran dari hasil pendekatan estimasi koefisien kekasaran dari literatur-literatur yang melakukan eksperimen dalam penggunaan elemen kekasaran dasar saluran di model fisik. Hasil analisis dari eksperimen koefisien kekasaran pada model fisik dengan hasil estimasi terjadi eror rata-rata dari running 4 literatur mencapai 22,1%, secara garis besar semua analisis menunjukkan eror di range +20% sampai +30%, selain itu Fr dan U/U* juga memiliki pengaruh terhadap penurunan koefisien kekasaran pada saluran terbuka.
Keywords
Koefisien Kekasaran; Manning; Model Fisik; Saluran Terbuka
References

Bathurst, J.C., 1978. Flow Resistance of Large-Scale Roughness, Journal of the Hydraulic Division, ASCE, Vol. 104(12):1587 – 1603.

French, R.H., 1985. Open Channel Hydraulics, McGraw-Hill.

Joranova, A.A., Birkhead, A.L., James, C.S., Kleynhans, C.J., 2004. Hydraulics for Determination of the Ecological Reserve for Rivers, WRC Report No. 1174, Pretoria, South Africa.

Mashau, M.S., 2006. Flow Resistance In Open Channels With Intermediate Scale Roughness: A research report submitted to the Faculty of Engineering and the Built Environment, University of Witwatersrand, in fulfillment of the degree of Master of Science in Engineering, Johannesburg.

Recking, A., Boucinha, V., and Frey, P., 2004. “Experimental study of bed-load grain size sorting near incipient motion on steep slopes.” River flow, Napple, 253–258.

Recking, A., Frey, P., Paquier, A., Belleudy, P., Champagne, J,Y., 2008. Bed-load transport flume experiments on steep slopes. Journal of Hydraulic Engineering, 134(9):1302–1310

Shafaei, H., Amini, A., Shirdeli, A., 2019. Assessing Submerged Vegetation Roughness in Streambed under Clear Water Condition using Physical Modeling. Water Resources, Vol 46(3): 377-383

Thorne, C.R., Zevenbergen, L.W., 1985. Estimating Mean Velocity in Mountain Rivers, Journal of Hydraulic Engineering, Vol. 111(4): 612 – 624.

Webb, C.B., Barfuss, S.L., Johnson, M.C., 2010. Modelling roughness in scale models. Journal of Hydraulic Research, Vol 48(2): 260-264.

Information
PDF
275 times PDF : 650 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)