ANALISIS JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH PERUMAHAN GOLDEN VIENNA 1 DAN 2 KOTA TANGERANG SELATAN

Retno Dwi Wulandari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Budi Santosa
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Jaringan pipa distribusi air eksisting di perumahan Golden Vienna 1 dan 2 dikatakan belum optimal dikarenakan faktor tekanan dan kecepatan air di dalam pipa yang rendah pada waktu tertentu. Serta kebutuhan debit air yang lebih besar dibandingkan suplai yang tersedia. Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan air bersih harian pelanggan serta menganalisis jaringan pipa distribusi air bersih di perumahan Golden Vienna 1 dan 2, Kota Tangerang Selatan. Analisis jaringan pipa distribusi ini menggunakan perangkat lunak EPANET 2.0. Hasil simulasi EPANET 2.0 kemudian dibandingkan dengan hasil analisis manual menggunakan perhitungan hidraulika (Hazen-William). Dari hasil penelitian, diketahui kebutuhan debit harian yang harus dipenuhi  sebesar 209.547 liter/hari dan total fluktuasi debit sebesar 210.359 liter/hari. Sebanyak 15 pipa yang nilai headloss nya tidak memenuhi standar sebesar 10m/km . Sebanyak 2 pipa tekanan airnya tidak sesuai kriteria sebesar 1-5  atm, serta sebanyak 28 pipa yang nilai kecepatan aliran airnya tidak sesuai kriteria sebesar 0,3-3 m/s. Rekomendasi perbaikan dari segi manajerial pada jaringan perpipaan distribusi air bersih perumahan Golden Vienna 1 dan 2, yakni melakukan perubahan diameter pipa eksisting sehingga tekanan dan kecepatan pada jaringan pipa dapat optimal . Terdapat perbedaan nilai tekanan air yang cukup signifikan antara hasil simulasi model EPANET dengan hasil analisis manual menggunakan hidraulika (Hazen-Williams) dikarenakan penambahan beberapa item pada EPANET 2.0 yang tidak ada pada jaringan eksisting. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kondisi untuk running.

Keywords
EPANET 2.0; Jaringan Pipa Distribusi; Tekanan Air; Hazen-Williams
References

Armanto, Ricki N., dan Hariwiko I. 2016. “Analisis dan Perencanaan Pengembangan Sistem Distribusi Air Minum di PDAM Unit Plosowahyu Kabupaten Lamongan”. Fakultas Tenik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Solo.

Fathony, Hendra H. 2012. “Analisis Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Karangayar”. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Ibrahim, Mochammad. Aniek M., dan Very Dermawan. 2016. “ Analisa Hidrolis Pada Komponen Sistem Distribusi Air Bersih dengan Waternet dan Watercad Versi 8 (Studi Kasus Kampung Digiouwa, Kampung Mawa dan Kampung Ikebo, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai”. Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Malang.

Nugroho, Searphin. Ali Masduki., Bowo D M. Ika M., dan Juli N. 2018. “Analisa Jaringan Perpipaan Distribusi Air Bersih Menggunakan EPANET 2.0 (Studi Kasus di Kelurahan Harapan Baru, Kota Samarinda)”. Jurnal Teknik, vol 39 (1), 2018, 62-66. Universitas Mulawarman, Samarinda.

Pardosi, Samuel Mangihut. 2018. “ Perencanaan Sistem Jaringan Perpipaan Distribusi Air Minum di Perumahan Karyawan PTPN IV Pabatu”. Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Purba, Saur M F. Syahrizal., dan Ivan I. 2012. “Analisis Jaringan Sistem Distribusi Air Bersih Pada Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi”. Jurursan Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Radja Udju, Jemri. 2014. “Evaluasi Jaringan Perpipaan Distribusi Air Bersih Daerah Layanan Kamelimabu Kecamatan Katikutana Selatan Kabupaten Sumba Tengah”. Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional, Malang.

Rivai, Yuliana. Ali Masduki., dan Bowo D M. 2006. “Evaluasi Sistem Distribusi dan Rencana Peningkatan Pelayanan Air Bersiha PDAM Kota Gorontalo”. Jurnal SMARTek vol. 4, No: 2, Mei 2006: 126-134.

Sudirman, Andri. 2012. “Analisa Pipa Jaringan Distribusi Air Bersih di Kabupaten Maros dengan Menggunakan Software Epanet 2.0”. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hassanudin, Makassar.

Susanto, Deki. 2007. “ Analisa Distribusi Air Pada Pipa Jaringan Distribusi di Sub-Zone Sondakan PDAM Kota Surakarta dengan Simultaneous Loop Equation Method”. Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wigati, Restu. Andi M., dan Irvan K. 2015. “Studi Analisis Kebutuhan Air Bersih Pedesaan Sistem Gravitasi Menggunakan Software Epanet 2.0”. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

Information
PDF
2378 times PDF : 2379 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)