ANALISIS OPTIMALISASI FUNGSI PADA REDESAIN KANTOR KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA KOTA BOGOR

Yudhistira Maulana
Universitas Gunadarma
Indonesia
Yudi Nugraha Bahar
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Olahraga merupakan kegiatan olah fisik dan mental yang berfungsi meningkatkan karakter generasi muda dalam mengembangkan bakat untuk meraih prestasi, serta mengharumkan nama bangsa. Cabang-cabang olahraga dinaungi oleh Komite untuk lebih terorganisir dan berdaya saing. Mengembangkan suatu prestasi tidak hanya faktor manusianya tapi juga harus didukung oleh fungsi prasarana. Fungsi penting ini tidak dapat dilakukan oleh Lembaga pusat saja, tetapi juga dibantu oleh lembaga cabang di daerah seperti Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kota Bogor. Kondisi awal pada fungsi kantor KONI Bogor tidak mendukung pembinaan dan peningkatan prestasi para atlet, kinerja Wasit, Pelatih dan Manajer, guna mewujudkan prestasi keolahragaan nasional menuju prestasi internasional. Posisi dalam tapak, pemanfaatan ruang interior, prasarana pendukung dan kesan tampilan bangunan semuanya tidak lagi representatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni penulis melakukan studi langsung ke lokasi objek guna mempelajari, dan mengumpulkan data. Data dan informasi kemudian dibuatkan konsep-konsep rancangan untuk dirumuskan solusi bangunannya. Olahan hasil dari proses analisis data, ditransformasikan menjadi sebuah konsep redesain. Hasil dari optimalisasi ini me-redesain beberapa fungsi kantor KONI kota Bogor berfokus pada ruang yang mengembangkan potensi dan bakat para atlet. Redesain pada kantor KONI kota bogor mengakomodasi fungsi dan efektifitas ruang untuk menambah kinerja para pengelola dan mencukupi kebutuhan atlet agar maksimal berprestasi.

Keywords
Fungsi; Optimalisasi; Redesain
References

Brunetti, Gian Luca. Optimization as a design strategy. Considerations based on building simulation-assisted experiments about problem decomposition, Department of Architecture and Urban Studies (DAStU), Polytechnic of Milan.

Daryadi. (2015) Jejak Langkah KONI 1938-2015. Jakarta: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Dinas PUPR Kota Bogor (2016) Dokumen Review Masterplan Komplek GOR Pajajaran Kota Bogor.

KONI Bogor. Struktur Organisasi dan Keanggotaan KONI Kota Bogor. http://konikotabogor.or.id [diakses pada tanggal 5 April 2019].

KONI Pusat. Tentang KONI. http://koni.or.id/index.php/id/ [diakses pada tanggal 5 April 2019].

Michaleka Jeremy J., Ruchi Choudharyb, Panos Y. Papalambros. (2002). Architectural Layout Design Optimization, Taylor & Francis Ltd, Vol. 34(5), pp. 461–484.

Muhammad Nur Fajri Alfata, et al. (2012). Studi Ergonomi Terhadap Rancangan Ruang Kerja Kantor Pemerintah berdasarkan Antropometri Indonesia. Edisi 7. Hlm 1-12.

PERPRES RI No. 73 Tahun 2011 Tentang Persyaratan Pembangunan Gedung Negara

Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bogor 2011-2031

Sumarto, Sri Sudono. (1986) Buku Petunjuk dan Data Olahraga Nasional. Jakarta: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Bahar, Yudi Nugraha; Dion Shaza, (2017) Kajian Sistem Struktur Inovatif pada estetika Pembentuk Fasade Bangunan, UG Jurnal Vol.11 No.1 2017, pp.20-2

Information
PDF
325 times PDF : 737 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)