ANALISIS PENGOPERASIAN TOWER CRANE UNTUK PEKERJAAN PENGECORAN STRUKTUR KOLOM

Andi Asnur Pranata MH
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Tower Crane merupakan jenis excavator yang diberi suatu attachment yang berupa boom, dengan bantuan kabel baja kemudian digerakkan dengan generator. Alat ini dapat mengangkat/memindahkan material dari elevasi rendah ke elevasi yang lebih tinggi demikian juga sebaliknya. Penggunaan tower crane ini umumnya pada pekerjaan pembangunan gedung bertingkat. Masalah yang biasa dihadapi oleh kontraktor dalam pengoperasian tower crane adalah biaya pengoperasian yang cukup mahal baik biaya sewa maupun biaya operasional, dan juga efektivitas pengoperasian tower crane terhadap kinerja proyek. Perlu suatu perancanaan mengenai efektivitas pengoperasian tower crane. Dengan memperkirakan durasi pengoperasian tower crane pada setiap item pekerjaan, maka dapat memperkirakan waktu pengoperasian tower crane secara keseluruhan. Pada studi kasus yang dilakukan pada penelitian ini, penulis mencoba untuk melakukan perhitungan mengenai kebutuhan waktu untuk pengoperasian tower crane, penelitian ini akan fokus pada pengoperasian tower crane pada pekerjaan pengecoran struktur kolom saja. Untuk kebutuhan waktu pengoperasian tower crane pada pekerjaan pengecoran kolom K1 dengan luas 0,32 m² sebanyak 50 unit, dapat diselesaikan dalam waktu 23 hari dengan jam kerja normal yaitu 9 jam per hari. Namun waktu tersebut tidak termasuk apabila terjadi beberapa kendala dalam pengoperasian tower crane selama di lapangan, seperti kendala cuaca buruk, bencana alam, kerusakan dan lain-lain yang dapat terjadi pada saat pelaksanaan di lapangan.
Keywords
Tower Crane; Kolom; Pengecoran; Waktu Siklus; Waktu Tempuh
References

Gultom, F., 2001. Pengaruh Penerapan Manajemen Peralatan Static Base Hammer Head Terhadap Kinerja Waktu Pelaksanaan Proyek Kosntruksi Bangunan Bertingkat Di Jabotabek. Universitas Indonesia, Depok.

Hartawan, Harry. 1999. Perencanaan dan Pengendalian Proyek. Jakarta: Penerbit ISTN.

Jinlong Europe, 2009. Tower Crane Concise Manual. Euri – 0.1 – Eng, Europe UK & Ireland.

Peurifoy, Robert, L., William B. Ledbetter, Clifford J. Shexnayder, Djoko Martono, 1988. Perencanaan Peralatan dan Metode Kosntruksi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Rochmanhadi. 1989. Alat-Alat Berat dan Penggunaannya. Jakarta : YBPPU.

Rostiyanti, Susy Fatena. 2002. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Saga Hayyu. 2009. Perhitungan Pondasi Tower Crane. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Tenriajeng, Andi Tenrisukki. 2003. Diktat Pemindahan Tanah Mekanis. Teknik Sipil Universitas Gunadarma, Depok.

Zacky Ahmadi, 2009. Laporan Kerja Praktek Proyek Pembangunan Apartemen Kebagusan City. Universitas Gunadarma, Depok.

Information
PDF
2079 times PDF : 2374 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)