ANALISIS STABILITAS DAN DESAIN PERKUATAN LERENG KAWASAN SENTUL CITY

Nuryanto Nuryanto
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Keruntuhan pada lereng salah satunya diakibatkan karena beban dinamik. Banyak metode penentuan sabilitas lereng dinamik yang selama ini digunakan dalam perencanaan stabilitas lereng, tetapi masing – masing metode analisis mempunyai kelebihan dan kekurangan. Salah satu metode sederhana dan banyak digunakan adalah analisis dinamik secara statik ekuivalen dimana percepatan gempa yang sebenarnya bersifat tidak beraturan di rubah menjadi sebuah gaya lateral. Metode ini memerlukan faktor reduksi gempa sebagai konversi beban dinamik ke dalam beban statik ekuivalen. Wilayah sentul merupakan salah satu daerah yang dekat dengan kawasan puncak bogor yang merupakan daerah pegunungan, dengan kondisi seperti itu membuat stabilitas tanah pada area tersebut tidak cukup stabil untuk menahan kondisi statik maupun dinamik, sehingga diperlukan analisis stabilitas lereng. Penelitian ini meninjau kondisi lereng di kawasan sentul, dimana pada area tersebut mengalami kerusakan jalan akibat tidak stabilnya lereng dan kondisi tanah. Hasil penelitian dengan menggunakan metode dnamik dan statik dengan bantuan perangkat lunak PLAXIS dan perangkat lunak pendukung lain, didapatkan solusi perkuatan lereng dengan menggunakan soldier pile diameter 180 cm dengan jarak antar tiang 3 meter dan kedalaman 35 meter, diameter 100 cm dengan jarak antar tiang 2 meter dan kedalaman 18 meter
Keywords
Stabilitas Lereng; Plaxis; Statik Ekuivalen
References

Arief, S., dan Arif, I. 2001. Penyelesaian Sistem Persamaan Non-Linier Dalam Metode Kesetimbangan Batas Umum dengan Metode Optimasi, dalam Problema Geoteknik: Perkembangan dan Penanggulangannya. Bandung. Hal V.31-V.38. HATTI.

Brinkgreve, R.B.J et. Al. 1998. PLAXIS Finite Element for Soil and Rock Analysis. Version 8.2 Dynamics. A.A. Balkema, Rotterdam.

Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Penganggulangan Longsoran, SKBI – 2.3.06.Yayasan Badan Penerbit PU.

D. V. Griffiths, and P. A. Lane. 2000. Slope stability analysis by finite elements. ISSN 0016-8505 | E-ISSN 1751-7656.

Hakam, A. 2008 Stabilitas Lereng dan Dinding Penahan Tanah untuk Mahasiswa dan Sarjana Teknik Sipil. Padang. Universitas Andalas Press.

Microsoft Corp. 1991. Geo-Slope version 7 User’s Guide. Geo-Slope International Ltd, Canada.

Nuryanto dan Sri Wulandari. 2007. Analisis Stabilitas Lereng Dengan Metode Kesetimbangan Batas (Limit Equilibrium) Dan Elemen Hingga (Finite Element). Depok. 2007. Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi Vol.16.

Information
PDF
241 times PDF : 289 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)