TIPOLOGI MOTIF ORNAMEN PADA ARSITEKTUR RUMAH VERNAKULAR DESA LUBUK SUKON DAN LUBUK GAPUY ACEH BESAR

Natasya Natasya
Program Studi Desain Interior, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kajian mengenai tipologi motif ornamen arsitektur ini dilakukan dengan cara menjelajahi karakteristik fisik dan visual pada struktur selubung bangunan rumah tradisional Aceh. Kajian komponen selubung bangunan lebih ditekankan pada tipologi fasade bangunan vernakular Aceh yang diturunkan dengan menggunakan tiga kategori tipologi Rafael Moneo (1978) yang meliputi analisis struktur, ekspresi dan fungsi. Melalui kategorisasi tipe panel-panel dari selubung eksterior, dapat dirumuskan adanya delapan elemen penyusun selubung yang mengandung ornamen, yaitu; theuep gaseue (lisplang), tulak angen (tolak angin), bara (papan bara), pinto (pintu), binteih (dinding), peulangan, kindang, dan rinyeun (tangga). Hasil analisis menunjukkan motif yang memiliki frekuensi tertinggi pada rumah vernakular Aceh di Desa Lubuk Sukon dan Lubuk Gapuy adalah motif flora bungong pucok reubong (pucuk tunas bambu).

Keywords
Aceh Besar; Arsitektur Vernakular, Arsitektur Aceh, Tipologi, Rumah Tradisional
References

Creswell, J.W. (2008). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publications, Inc.

El-Ebrahem, Razuardi. Mencirikan Rumoh Aceh. Pustaka Alebi.

Leigh, Barbara. (1987). Hands of Time – The Crafts of Aceh (Tangan- Tangan Trampil Seni Kerajinan Aceh). Midas Surya Grafindo. Penerbit Djambatan.

Mirsa, Rinaldi. (2013). Rumoh Aceh. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sumintardja, Djauhari. (1978). Kompendium Sejarah Arsitektur Jilid I. Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan, Bandung.

Information
PDF
1318 times PDF : 3667 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)