PERUBAHAN TINGKAT KENYAMANAN PEDESTRIAN DI JALAN BRAGA UTARA, BANDUNG

Rizky Astria
Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan kenyamanan pada pedestrian di Jalan Braga Utara. Ada beberapa aspek yang mempengaruhi tingkat kenyamanan pedestrian, yaitu sirkulasi, iklim, aroma, bentuk, keamanan, kebersihan, dan keindahan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berdasarkan observasi di lapangan dan kuesioner terbuka. Hasil dari penelitian ini berdasarkan tingkat kenyamanan dengan menggunakan kuesioner, persentase tertinggi ada di aspek bentuk, keamanan dan keindahan. Untuk hasil observasi di lapangan dapat dilihat fungsi dari pedestrian selain sebagai jalur pejalan kaki, bisa juga sebegai tempat menunggu, berkumpul dan aktivitas lainnya. Karena kawasan Jalan Braga ini sering dijadikan tempat berkumpulnya para komunitas dan juga sering diadakannya acara live music, pameran dan kuliner. Sehingga tingkat kenyamanan jalur pedestrian dapat berubah dan perlu adanya peninjaun ulang untuk memperbaiki kondisi pedestrian ini.

Keywords
Jalan Braga, Pedestrian, Tingkat Kenyamanan
References

Astria, Rizky (2016). Kajian Desain Pedestrian Di Jalan Braga, Bandung. Tesis Magister Teknik Sipil Universitas Gunadarma.

Lexy J. Moleong (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Remaja Karya

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. 2014. Tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, Dan Pemanfaatan Prasarana Dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki Di Kawasan Perkotaan. Nomor : 03/PRT/M/2014

Sanjaya, Rian., dkk. (2017). Analisis Fungsi Dan Kenyamanan Jalur Pedestrian Kawasan Di Kota Pangkalan Bun. Uninsula: Smartcity Article.

Setyowati, Marcelina Dwi (2017). Pemanfaatan Pedestrian Ways di Koridor Komersialdi Koridor Jalan Pemuda Kota Magelang. Jurnal RUAS, Volume 15 No 1, ISSN 1693-3702.

Shirvani, Hamid (1985). The Urban Design Process. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Information
PDF
598 times PDF : 713 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)