PENATAAN PERMUKIMAN KUMUH DENGAN TEKNOLOGI RISHA DI KAMPUNG DERET PETOGOGAN, JAKARTA SELATAN

Raudina Qisthi Pramantha
Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kampung yang berada di Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan atau lebih dikenal dengan Kampung Deret Petogogan merupakan salah satu lokasi terpilih penerima bantuan Program “Perbaikan Rumah di Permukiman Kumuh melalui Penataan Kampung” Provinsi DKI Jakarta. Dari 26 lokasi yang terpilih, hanya Kampung Deret Petogogan yang menggunakan metode Peremajaan dan teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat). Kampung Deret Petogogan sendiri tergolong sukses dan sempat mendapatkan Penghargaan Adiupaya Puritama tingkat Nasional tahun 2013. Maka dari itu perlu diketahui bagaimana penataan permukiman kumuh dengan Teknologi RISHA tersebut dilaksanakan sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam penanganan permukiman kumuh di lokasi serupa lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan pertimbangan sumber daya yang ada pada lokasi, maka penataan permukiman kumuh di Kampung Deret Petogogan dilaksanakan dengan manajemen pengelolaan dana bersama melalui teknologi RISHA yang sudah sesuai dengan standar SNI, mudah dimodifikasi secara arsitektur, serta hemat waktu dan biaya.

Keywords
Permukiman Kumuh, Kampung Deret, Petogogan, RISHA
References

Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Selatan. Petunjuk Teknis Bantuan Perbaikan Rumah di Permukiman Kumuh melalui Penataan Kampung Tahun 2013.

Dirjen Perumahan dan Permukiman (2001). Petunjuk Umum Pelaksanaan Peremajaan Lingkungan Permukiman Kumuh di Perkotaan dan Perdesaan, http://ciptakarya.pu.go.id/bangkim/kumuh/admin/data_pustaka/Pedom an%20Peremajaan.pdf (diakses tanggal 10 November, 2016)

Edarsari, Purawati R. (2016). Implementasi Kebijakan Perbaikan Rumah di Permukiman Kumuh melalui Penataan Kampung di DKI Jakarta pada tahun 2013 (Studi Kasus: Kampung Deret Petogogan), Jurnal Universitas Diponegoro.

Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah No. 403/KPTS/M/2002 tentang pedoman teknis pembangunan Rumah Sederhana Sehat.

Moleong, J. Lexy (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Paparan Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Tahun 2013 tentang Bantuan Perbaikan Rumah di Permukiman Kumuh melalui Penataan Kampung Tahun Anggaran 2013.

Paparan Kampung Deret Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan Tahun 2016.

Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 64 Tahun 2013 tentang Bantuan Perbaikan Rumah di Permukiman Kumuh melalui Penataan Kampung.

Rencana Induk Pembangunan Wilayah RW 05 Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan Tahun 2007.

Sabaruddin, Arief (2006). Membangun RISHA: Rumah Instant Sederhana Sehat, Jakarta; Penebar Swadaya.

Setiadi, Harri A, dan Rahman, Arip P (2016). Analisa Keberhasilan Program Kampung Deret Petogogan menggunakan Pendekatan Evaluasi Pasca Huni, Jurnal Sosek Pekerjaan Umum, Volume 8 No. 1, hal 60.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Information
PDF
2288 times PDF : 1871 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)