PENERAPAN TEKNIK SULAM PADA ELEMEN DEKORASI INTERIOR DI KEDAI TEH SINAU, YOGYAKARTA

Gracia Veronica
Program Studi Desain Interior Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Unsur estetika menjadi landasan bagi desainer dan pemilik dalam mendesain suatu ruang.  Segala unsur estetika dalam sebuah ruangan harus diperhatikan agar ruangan tidak hanya nyaman namun juga enak dipandang. Dekorasi adalah salah satu kegiatan untuk menambah unsur keindahan dalam suatu rumah, dan sulaman sebagai salah satu produk dari elemen dekorasi yang penerapannya bisa digunakan sebagai elemen estetik. Sulam mengalami perkembangan dari segi fungsi maupun teknik. Teknik sulam sudah jauh lebih modern yang menyebabkan hasil visual dari sulam dapat diterima oleh kalangan muda. Salah satu kedai teh yang terletak di Yogyakarta menggunakan sulam sebagai elemen dekorasi dalam ruangnya. Dalam proses mengumpulkan data, penulis melakukan studi lapangan, pengambilan dokumentasi dan mewawancarai pengunjung Kedai Teh Sinau dan studi literatur pencarian data mengenai teknik sulam dan elemen dekorasi. Kedai Teh Sinau yang memiliki target pasar kalangan muda menghadirkan sulam yang sudah dianggap sebagai suatu hal yang kuno menjadi suatu elemen dekorasi yang modern. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena didalam bangunan yang memiliki gaya tradisional namun didalamnya dihias dengan dekorasi yang modern.

Keywords
Sulam, Dekoratif, Interior
References

Ambarsari, D. R. S. (2010). Antara Desainer Interior dan Dekorator Interior: Studi Perbandingan, Yogyakarta: Jurnal UNY.

Boesra, A. (2007). Teknik Dasar Menyulam Untuk Pemula. Pertama penyunt. Jakarta: PT. Kawan Pustaka.

Design, I. (2019). Interiordesign.id. [Online] Available at: https://interiordesign.id/?s=dekorator [Diakses 24 Juli 2019].

Mannor, K. (2018). Uncommon Threads. Available at: https://www.victoriamag.com/uncommon-threads-kelmscott-manor/4/

[Diakses 1 Agustus 2019].

Miller, J. (2005). Arts & Crafts. First ed. London: The Price Guide Company.

Photo, R. D. (2011). http://www.riaudailyphoto.com/2011/01/bordir-riau.html [Diakses 22 July 2019].

Todd, P. (2004). The Arts & Crafts Companion. First ed. London: Thames & Hudson.

Information
PDF
709 times PDF : 1659 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)