PERSEPSI TINGKAT KENYAMANAN PENGUNJUNG TERHADAP DESAIN PENCAHAYAAN ALAMI PADA JACOB KOFFIE HUIS DEPOK

Silfester Rettob
Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pemilihan tema dan gaya sangat berpengaruh pada suasana interior kafe yang berdampak pada psikologis pengunjung yang datang. Teknik Pencahayaan adalah faktor yang cukup penting untuk perancangan desain interior kafe. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi tingkat kenyamanan pengunjung terhadap desain pencahayaan alami pada Jacob Koffie Huis Depok. Dari hasil penilaian banyak hal yang ditetapkan guna memanfaatkan cahaya alami sebagai elemen pokok pada interior kafe yang ada, hal ini dimulai dari pemanfaatan cahaya alami sampai dengan cahaya buatan. Pada pencahayaan alami pada dasarnya didukung dari tempat kafe tersebut, dan juga pencahayaan buatan dilihat dari kemampuan perancang dalam merekayasa cahaya buatan sehingga tidak hanya bernilai estetika lebih yang dapat ditonjolkan tetapi juga bernilai fungsi pada kegiatan yang terjadi pada kafe tersebut.

Keywords
Kafe, Pencahayaan, Tingkat Kenyamanan, Cahaya Alami
References

Darmasetiawan, Christian, dan Lestari Puspakesuma. (1991). Teknik Pencahayaan dan Tata Letak Lampu Jilid 1 Pengetahuan Dasar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Elly Herlyana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. (2012) Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda.

Hari Widiyantoro, Edy Muladi, Christy Vidiyanti (2017). Analisis Pencahayaan Terhadap Kenyamanan Visual Pada Pengguna Kantor.

http://www.hdii.or.id/aksesori.php

http://www.okefood.com/read/2010/08/25/299/366555/dibelai-renyahnya-belgian-waffledi-brussels-springs

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/ jiunkpe/s1/desi/2009/jiunkpe-ns-s1-2009-41405071-12436-dome-chapter2.pdf

Ganslandt, Rudiger, Harald Hofmann.(1992). Handbook Of Interior Lighting. Erco Edition. Germany.

Karlen, Mark, James Benya.(2007). Dasar-Dasar Desain Pencahayaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Panero, Julius, AIA, ASID, Martin Zelnik. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nur Laela Latifah, Deki Ahmad Anugrah, Miqyassyara Diandra, Ayunani, Karin Wiyana Garini (2013). Kajian Sistem Pencahayaan yang Mempengaruhi Kenyamanan Visual pada Ruang A dan Ruang Sayap GaleriSelasar Sunaryo.

Information
PDF
968 times PDF : 1682 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)