PENGARUH KETERBATASAN PANDANGAN VISUAL RUANG KELAS PADA KREATIFITAS MAHASISWA DESAIN INTERIOR

Ega Dyas Nindita
Program Studi Desain Interior Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan studi yang mencoba untuk melihat hubungan antara performa mahasiswa desain interior Universitas Gunadarma, yang dituntut untuk kreatif, dengan keberadaan jendela pada ruangan kelas. Basis studi ini adalah teori mengenai biophilia, yang mengatakan bahwa adanya hubungan antara alam dan manusia dapat membuat manusia merasa nyaman. Kenyamanan ini yang, dalam studi ini, diasumsikan dapat mendukung kreatifitas mahasiswa. Untuk itu, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan teoritik dan pendekatan observasi serta wawancara, untuk melihat keberadaan jendela, hubungan visual antara mahasiswa dan ruang luar, kenyamanan mahasiswa dan akibatnya terhadap kreatifitas. Studi ini menemukan korelasi antara posisi jendela yang kurang tepat dengan ketidak nyamanan mahasiswa. Dalam lingkup penelitian ini juga ditemukan bahwa jendela lebar dan kualitas pemandangan bermanfaat pada mata kuliah terkait kreatifitas.

Keywords
Biophilia, Jendela, Kreatifitas, Visual
References

Aries, Myriam B.C, Jennifer A. Veitch, Guy R.Newsham (2010) Windows, view, and office characteristics predict physical and psychological discomfort, Journal of Environmental Psychology Vol. 30 Issue. 4 desember 2010 [Online version via sciencedirect.com] [Diakses pada 31/07/2019].

Byrne, Jason Antony (2010) Biophilia [Online version via Research Gate] [Diakses pada 25/07/2019].

Chang, C.-Y, Chen, P.-K., Human Response to Window Views and Indoor Plants in the Workplace, HortScience Vol 40:Issue 5. American Society for Horticultural Science,[Diakses pada 25/07/2019].

Ditasari dan Ratna Dwi (2014) Hubungan Antara Kesesakan Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 6 Semarang, Vol 3 No. 3, Karya Ilmiah S1, Fakultas Psikologi UNDIP/

https://kbbi.kemdikbud.go.id

Mege, Caroline Andisi (2012) Influence of School Environmental Factors on Teaching-Learning Process In Pubic Primary Schools In Lower Nyokal Dividion, Homa-Bay District, Kenya. [Online version via eap.uonbi.ac.ke] [Diakses pada 22/07/2019].

Moore, R. C. (1986) Childhood’s domain. London: Croom Helm.

RK Raanaas, Patil GG (2012) Health benefits of a view of nature through the window: a quasi-experimental study of patients in a residential rehabilitation center. Sage Journal [Online version via PubMed.gov] [Diakses pada 25/07/2019].

Rostron, Jack (2005) Sick Building Syndrom; Concepts, Issues, and Practice. London & New York. E & FN Spon.

Santosa, Adi (2006) Pencahayaan Pada Interior Rumah Sakit: Studi Kasus Ruang Rawat Inap Utama Gedung Lukas, Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta, jurnal Desain Interior Vol 4, No 2, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra.

Santrock, John W (2008) Educational Psychology. Third Edition. New York. McGraw-Hill International Edition.

Sastrowinoto, Suyatno 1981. Meningkatkan Produktivitas dengan Ergonomi. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Wells, Nancy M (2003) Nearby Nature; A Buffer of Life Stress Among Rural Children. Environment And Behaviour, Vol. 35 No. 3. Online version via Sage Publication [Diakses pada 23/07/2019].

Information
PDF
571 times PDF : 333 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)