ANALISIS POTENSI PROGRAM PENGEMBANGAN PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN DI KELURAHAN TANAH TINGGI

Nur Wulandari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sri Wulandari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nahdalina Nahdalina
Universitas Gunadarma
Indonesia
Wahyu Sejati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Yureana Wijayanti
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian dilakukan di DKI Jakarta khususnya di Kelurahan Tanah Tinggi Jakarta Pusat dikarenakan masih banyak kawasan permukiman kumuh dengan kondisi fisik hunian yang tidak layak huni. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui backlog perumahan di Kelurahan Tanah Tinggi Jakarta Pusat dan menentukan potensi program pengembangan perumahan dan permukiman. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan backlog kepenghunian sebanyak 6.069 KK dan backlog kepenghunian dengan rasio luas bangunan < 9 m2 sebesar 3.553 KK. Pada backlog kepemilikan diperoleh sebanyak 4.325 KK dan backlog kepemilikan dengan rasio luas bangunan < 9 m2 sebesar 3.929 KK. Rekomendasi potensi program berdasarkan Segmentasi Ketahanan Konstruksi untuk rumah tinggal milik sendiri yang perlu penanganan yaitu program Konsolidasi Tanah Vertikah, Rusunami, Peremajaan, dan pemugaran. Untuk rumah tinggal kontrak/ sewa dan bukan milik sendiri yaitu program rusunami dan rusunawa. Berdasarkan Segmentasi Akses Air Minum program yang diberikan adalah perbaikan untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Segmentasi Akses Sanitasi program yang diberikan adalah penyediaan akses sanitasi seperti fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK), serta penyediaan Sistem Pengolahan Air Limbah (SPAL).

Keywords
housing backlog; uninhabitable houses; potential housing program
References

Ardiyansyah, Hendy Eka dan Dian Rahmawati. (2021). Efektivitas Penyediaan Perumahan oleh Perumnas dalam Menangani Housing Backlog di Kabupaten Gresik. Jurnal Teknik ITS. Vol. 10 No. 1.

Akbar, Iswandi, Ishak Kadir dan Fajar Saranani. (2022). Analisis Potensi Pengembangan Perumahan dan Permukiman di Kecamatan Poasia Kota Kendari Berbasis Geographic Information System (GIS). Jurnal Perencanaan Wilayah. Vol. 7 No. 2.

As’ari, Ruli dan Siti Fadjarani. (2020). Penataan Permukiman Kumuh Berbasis Lingkungan. Jurnal Geografi. Vol. 15 No. 1.

Dewi, Indira Kurnia dan Hertiari Idajati. (2019). Identifikasi Faktor Internal dan Faktor Ekternal Permukiman Kumuh di Kawasan Peri Urban (Studi Kasus: Sidoarjo Peri Urban Surabaya). Jurnal Teknik ITS. Vol. 8 No. 2.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kulon Progo. 2020. Pengertian Rusunawa. DPUPKP - rusunawa; pengertian, kriteria, persyaratan (kulonprogokab.go.id).

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. 2022. CAP & CIP. https://jakarta.go.id/capcip#:~:text=Community%20Action%20Plan%20(CAP)%20merupakan,permukiman%20yang%20sesuai%20dengan%20kebutuhan.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. 2023. Buku Saku Pendataan Basis Data Perumahan. Jakarta.

Doloksaribu, Eva Artanadya dan Drs. Zainal Hidayat, MA. Pelaksanaan Strategi Penanganan Penataan Lingkungan Perumahan dan Permukiman Kumuh di Kelurahan Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Universitas Diponegoro.

Farid, Mohhamad, Titania Febrianti dan Aida Kurniawati. (2023). Kajian Kesesuaian Lahan Permukiman di Kabupaten Jombang Berbasis QGIS sebagai Landasan Analisis Penataan Ruang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial. ISSN: 2797-0132.

Fasola, Dody, Aleksander Purba dan Ika Kustiani. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tanggamus Tahun 2022-2041. Prosiding Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP).

Gunawansyah, Arman Hidayat, Machmud, Sukman, dan Andi Ahdan Amir. (2022). Relationship of Low Income to Backlog in Kolaka Regency, Southeast Sulawesi Province. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). Vol. 5 No. 4.

Gofur, R. Jumiati, I.E. (2021). Analisis Kebijakan Program Sejuta Rumah: Sebuah Tinjauan Literatur. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan. Vol. 12 No. 2.

Hanifa, D. R., G. Yudana dan E. F. Rini. (2022). Backlog Kepenghunian Rumah di Kota Surakarta dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif. Vol. 17 No. 2.

Kasih, Nur Arning Tengara dan Dian Rahmawati. (2019). Penilaian Efektivitas Kebijakan Rusunawa sebagai Solusi Kebutuhan Bermukim Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Teknik ITS. Vol. 8 No. 2.

Mubarak, Muhammad Fakhri, Nurul Hidayat dan Marji. (2019). Rekomendasi Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni Menggunakan Metode TOPSIS Studi Kasus Badan Keswadayaan Masyarakat di Kelurahan Bekasi Jaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3 No. 4.

Maulinda, Nur Syarah dan Arman Jayady. (2023). Kekumuhan Pada Kelurahan Tanah Tinggi Kota Jakarta Pusat: Penilaian dan Strategi Penanganan. Jurnal Ikraith-Teknologi. Vol. 7 No. 2.

Musdalifa, Deriska Fadilla, Roni Andarsyah dan Roni Habibi. (2023). Klasifikasi Rumah Tidak Layak Huni Studi Perbandingan 9 Model Machine Learning. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. Vol. 7 No. 3.

Nasution, Aulia Muflih. (2019). Analisis Permasalahan Perumahan dan Permukiman di Kota Medan. Journal of Architecture and Urband Research. Vol. 3 No. 1.

Purba, Tiar Pandapotan dan Topan Himawan. (2021). Pemenuhan Rumah Layak Huni di Provinsi Riau. Jurnal Penataan Ruang. Vol. 16 No. 2.

Putri, Nafisa Andika dan Waljiyanto. (2020). Analisis Sistem Geografis (SIG) untuk Penentuan Lokasi Homestay Wisata (Studi Kasus: Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri). Journal of Geospatial Information Science and Engineering. Vol. 3 No. 2.

Ramadhanti, Titania, Sultan Suhab dan Retno Fitrianti. (2023). Penentu Backlog Perumahan Tingkat Daerah. Jurnal Ekonomika dan Dinamika Sosial. Vol. 2 No. 1.

Sejati, Wahyu, Agung Sediyono, Arief Fadhilah dan Ryan Faza Prasetyo. (2022). Pelatihan Surveyor Pendataan Backlog Perumahan Menggunakan Teknologi Location Intelligence di Kelurahan Krendang, Jakarta Barat. Jurnal Community Empowerment. Vol. 7 No. 10.

Sheherbina, E. dan E. Gorbenkova. (2019). Factors Influencing the Rural Settlement Development. IFAC Conference Paper Archive.

Sinaga, Rizkhy Kurniawan dan Ezra Aditya. Kajian Prioritas Rumah Tidak Layak Huni Berdasarkan Status Kepemilikan di Kota Padang Panjang. Universitas Bung Hatta.

Tindas, Gracia Marjorie, Grace A. J. Rumagit dan Sherly G. Jocom. (2022). Analisis Backlog Perumahan di Kota Manado. Vol. 4 No. 2.

Weldu, Weldemariam Gezahegn dan Iguala Anteneh Deribew. (2016). Identification of Potential Sites for Housing Development Using GIS Based Multi-Criteria Evaluation in Dire Dawa City, Ethiopia. International Journal of Science: Basic and Applied Research. Vol. 28 No. 3.

Widiastuti, Anita. (2019). Pengelolaan Sanitasi Lingkungan dalam Pembangunan Daerah di Kota Serang. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol. 9 No. 2.

Yahya, Fahrul, Septa Erik Prabawa, Melisa Amalia Mahardianti dan Aldea Noor Alina. (2020). Pemetaan Kawasan Wilayah Permukiman Rumah Tidak Layak Huni di Perdesaan (Studi Kasus: Kecamatan Palengaan dan Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan). Jurnal Geodesi dan Geomatika. ELIPSOIDA Vol. 3 No. 2.

Information
PDF
27 times PDF : 14 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)