EDUKASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING PADA UMKM CHARLIE RAJUT

Sri Sapto Darmawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Hajar Sareh Saraswati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sri Supadmini
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penentuan biaya produksi berguna untuk menetapkan harga jual yang tepat dengan laba yang ingin diperoleh perusahaan,  memantau  realisasi biaya produksi.  Kesalahan dalam menentukan biaya produksi dapat menyebabkan kesalahan dalam penyajian  laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penentuan biaya produksi di Charlie Knit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penentuan biaya produksi yang digunakan perusahaan belum tepat karena belum memasukkan semua unsur biaya produksi sehingga harga produksi yang diperoleh lebih kecil dari metode full costing. Hasil uji statistik deskriptif menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap pernyataan disesuaikan dengan variabel indikator pemahaman SAK EMKM terhadap 5 unit usaha sebagai responden terpilih memiliki respon rata-rata 3,25. Artinya tingkat pemahaman pelaku UMKM terhadap SAK EMKM terhadap pernyataan yang disesuaikan dengan indikator variabel SAK EMKM dikategorikan memiliki nilai Cukup atau Kurang Paham.

Keywords
biaya produksi; metode full costing
References

Firdaus Ahmad Dunia, W. (2009). Akuntansi Biaya.

Komara, B., & Sudarma, A. (2016). Analisis penentuan harga pokok produksi dengan metode full costing sebagai dasar penetapan harga jual pada cv salwa meubel. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen), 5(9), 18-29.

Bustami, B. (2006). Nurlela, Akuntansi Biaya Teori dan Aplikasi.

Bastian, B. Nurlela, 2010, Akuntansi Biaya, Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media. Bustami, B. D. N., & Nurlela, N. (2013). Akuntansi Biaya Edisi 4. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Kholmi, M. Yuningsih. (2009). Akuntansi Biaya Edisi Revisi. Akuntansi Biaya. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.Kinney and Raiborn.2011. Akuntansi biaya : dasar dan perkembangan 1 edisi 7.Jakarta:Salemba Empat.

Hendrich, M. (2014). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Peternakan Lele Pak Jay Di Sukabangun II Palembang.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Putri, R. A. (2021). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tahu Bapak Arisyita Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).

Sylvia, R. (2018). Analisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dan variabel costing pada tahu mama kokom kotabaru. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 12(1), 53-59.

Information
PDF
110 times PDF : 92 times
Article Tools